Sunarso: Himbara Dukung Kebijakan Hilirisasi Industri

January 16, 2023

BRIEF.ID –  Ketua Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara)  Sunarso  menyatakan kesiapan Himbara mendukung kebijakan pemerintah melakukan hilirisasi industri.  Hilirisasi industri yang berbasis ekstraksi sumber daya alam tidak bisa berhenti dan harus terus dilanjutkan.

“Hilirisasi itu bagian dari point of no return. Tadi,  ditegaskan lagi oleh Bapak Presiden bahwa hilirisasi ini tidak bisa berhenti, tidak bisa kembali, maka industri perbankan committed untuk mendukung proses hilirisasi dalam rangka agar seluruh rangkaian nilai tambahnya dari proses itu dinikmati oleh masyarakat Indonesia,” kata Sunarso usai bertemu Presiden  Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (16/1/2023).

Sunarso yang menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) bersama Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) beserta seluruh perwakilan pimpinan asosiasi dan industri di sektor jasa keuangan bertemu Presiden Jokowi untuk membahas tentang persiapan pertemuan tahunan industri jasa keuangan yang akan diselenggarakan  pada awal Februari mendatang.

Pada  pertemuan itu, Presiden Jokowi didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan  Sri Mulyani Indrawati, dan Sekretaris Kabinet  Pramono Anung.

Sementara itu, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Iman Rachman, yang mewakili industri pasar modal menyampaikan kinerja positif Bursa Efek Indonesia (BEI).

BEI ditutup kondusif dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tumbuh 4% pada akhir tahun 2022, rata-rata harian perdagangan mencapai Rp15 triliun, jumlah investor tumbuh mencapai lebih dari 10,3 juta investor, serta emiten yang tumbuh menjadi 833 perusahaan.

“Kami laporkan juga terkait dengan Undang-Undang  Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) terkait Bursa Efek Indonesia, menyangkut perdagangan karbon. Kami mengapresiasi P2SK sebagai bentuk pendalaman pasar kita ke depannya dan juga perluasan dari perdagangan Bursa Efek Indonesia, tidak hanya bursa saham tapi juga bursa karbon,” kata Iman.

No Comments

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: