Presiden Jokowi Menerima Ketua Majelis Nasional Korsel Kim Jin-Pyo

January 18, 2023

BRIEF.ID –  Presiden  Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan  Ketua Majelis Nasional Korea Selatan (Korsel), Kim Jin-pyo, di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Pertemuan yang digelar menjelang keberangkatan Presiden Jokowi ke Manado, Sulawesi Utara, membahas  peningkatan hubungan kerja sama kedua negara yang telah berlangsung baik selama setengah abad.

“Kami berbicara bagaimana hubungan baik antara Korea Selatan dan Indonesia yang sudah terlaksana atau berlangsung selama 50 tahun. Ini momentumnya di tahun 2023 agar bisa meningkatkan, mengeratkan hubungan antara Indonesia dan Korea,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani usai  pertemuan.

Ia berharap   dengan disahkannya Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) pada 1 Januari 2023, hubungan kerja sama perdagangan Indonesia dan Korea Selatan juga dapat meningkat.

“Sejak 1 Januari yang lalu sudah berlaku IK-CEPA sehingga memang hubungan kerja sama perdagangan Indonesia dan Korea diharapkan lebih bisa meningkat dan membaik di tahun-tahun yang ke depan,” kata Puan.

Di samping itu, Indonesia dan Korea Selatan juga berharap agar kedamaian dan harmoni di Semenanjung Korea bisa terjaga.

Sementara itu, Presiden Jokowi turut meminta dukungan Korea Selatan atas keketuaan ASEAN yang pada tahun 2023 dipegang  Indonesia.

“Permintaan dari Bapak Presiden Jokowi kepada Ketua DPR Korea dan pemerintah Korea untuk mendukung keketuaan atau presidensi keketuaan KTT ASEAN saat ini dipegang oleh Indonesia atau Presiden Jokowi,” jelas Puan.

Turut mendampingi Presiden Jokowi,  Ketua DPR RI Puan Maharani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar RI untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto.

No Comments

    Leave a Reply