Ketum ICMI Arif Satria Elaborasi  6 Program Penguatan Ekosistem SDM Unggul

January 21, 2023

BRIEF.ID –  Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Arif Satria mengelaborasi  enam prioritas program kerja ICMI  tahun 2023 yang menitik beratkan pada  Penguatan Ekosistem  Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul sebagai fondasi  transformatif dan berkelanjutan.

Keenam program itu disampaikan  Arif pada Rapat Pimpinan (Rapim) dan Rapat Kerja (Raker) Majelis Pimpinan Pusat (MPP) ICMI di Jakarta, Sabtu (21/1/2023).

“Setahun lalu,  kita terus melakukan konsolidasi,  pembentukan, dan  pelantikan kepengurusan ICMI di berbagai daerah di Tanah Air, tingkat pusat,   luar negeri, dan badan-badan otonom.  Pada tahun 2023 ini,  kita akan memperkuat ekosistem SDM sebagai modal penting untuk menghidupkan mesin organisasi agar makin berperan di berbagai bidang,” kata Arif.

Menurut Rektor IPB University itu  tidak mungkin SDM di dalam tubuh  ICMI  mampu bersaing di tingkat global,  apabila kualitas SDM-nya ibarat mesin kendaraan bajaj.

“Kita harus terus bertransformasi dan membangun mesin SDM.  Ini  penting walaupun belum tuntas. Pada tahun 2026, ICMI harus  siap berkiprah hingga  manca negara. Kita akan terus dorong untuk menguatkan aspirasi untuk umat dan bangsa,” kata dia

Rapat Pimpinan dan Rapat Kerja Majelis Pimpinan Pusat ICMI di Jakarta, Sabtu (21/1/2023).

Adapun keenam tema besar rencana kerja unggulan 2023, pertama adalah  menciptakan SDM unggul ICMI. Kedua,  ICMI membangun  pendidikan.

“Berdasarkan hasil muktamar di Bandung,  diinisiasi pembangunan pendidikan komunitas untuk masyarakat di tataran bawah agar memiliki akses ke pendidikan,” kata Arif.

Ketiga, ICMI membangun umat untuk berkolaborasi dengan masjid dan pesantren di seluruh Indonesia.

Keempat, ICMI memberikan solusi bangsa. Kelima, ICMI bangun desa. “Program ini menjadi salah satu unggulan di berbagai wilayah,  agar tercipta desa cendekia dan tani cendekia,” kata Arif.

“ICMI akan menjadi hub (jembatan) yang merangkai dan menjahit sehingga terbentuk connecting people,” ujarnya.

Keenam,  ICMI  berkontribusi untuk program sustainable development goals (SDG’s).

“Kita akan membangun masyarakat agar semakin sadar perubahan iklim dan lingkungan, serta membangun manusia. Kita akan mengintegrasi SDG’s ke dalam aktivitas pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan manajemen pendidikan tinggi merupakan hal yang fundamental bagi institusi pendidikan tinggi saat ini,” jelasnya.

Dia menambahkan ICMI harus berperan dalam perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat untuk mengurangi kemiskinan dan kekerdilan (stunting) di Indonesia. Ke depan, ICMI juga akan terus memperkuat dan mengembangkan organisasi wilayah (orwil), baik di 35 orwil daerah dan 6 orwil luar negeri.

No Comments

    Leave a Reply