Presiden Jokowi Minta Heru Budi Selesaikan Sodetan Ciliwung

December 23, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah membisiki Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk menyelesaikan proyek sodetan Sungai Ciliwung menuju Banjir Kanal Timur (BKT).

“Tadi saya sudah bisiki ke Pak (Pj) Gubernur DKI kalau Bendungan Sukamahi, Bendungan Ciawi, ditambah selesainya sodetan dari Ciliwung ke BKT, yang sekarang  masih proses pembebasan lahan, kami harapkan bulan Maret juga sudah selesai, akan mengurangi banyak sekali wilayah yang sebelumnya tergenang menjadi tidak,” kata Presiden Jokowi di lokasi Bendungan Sukamahi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/12/2022).

Proyek sodetan Ciliwung  kembali berjalan pada tahun 2021. Proyek itu akan dilanjutkan sepanjang 549 meter, sehingga total panjang sodetan nantinya mencapai 1,26 kilometer. Sebelumnya, sekitar 600 meter sodetan Ciliwung sudah terbangun dan mandek di tahun 2015 karena terganjal pembebasan lahan.

Presiden Jokowi menyampaikan hal itu usai meresmikan dua bendungan kering (dry dam), yaitu Bendungan Ciawi dan Sukamahi, yang berfungsi sebagai pengendali banjir di Jakarta.

“Dua bendungan ini adalah bendungan kering Ciawi dan Sukamahi. Kami harapkan bisa mengurangi banjir yang ada di Jakarta kurang lebih 30,6 persen,” ungkapnya.

Artinya, kawasan yang biasanya terkena banjir di Jakarta seluas 468 hektare dapat berkurang menjadi 211 hektare.

“Kurangnya separuh, hampir separuh lebih. Jadi, Sukamahi dan Ciawi, plus sodetan Ciliwung ke BKT,” kata Presiden Jokowi.

Ia menambahkan banjir di Jakarta masih dapat berkurang bila 13 sungai di DKI Jakarta dapat dinormalisasi.

“Kalau normalisasi 13 sungai yang ada di Jakarta dilakukan, akan sangat  mengurangi banjir. Konsistensi itu yang saya sampaikan ke (pj) gubernur DKI agar benar-benar terus dilakukan,” ujarnya.

Sedangkan terkait urusan air laut yang masuk ke darat, Jokowi mengatakan untuk sementara dapat diatasi dengan pembangunan tanggul laut.

“Tetapi dalam jangka panjang memang giant sea wall itu harus juga segera dikalkulasi dan segera dimulai,” kata Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply