Nilai Tukar Dolar AS Menguat

December 12, 2022

BRIEF.ID – Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) menguat pada pembukaan  perdagangan di  Asia,  Senin (12/12/2022), setelah data menunjukkan harga produsen di AS naik lebih besar dari perkiraan bulan lalu.

Hal itu menunjukkan tekanan inflasi yang terus-menerus dan memicu kekhawatiran bahwa Federal Reserve perlu mempertahankan suku bunga lebih tinggi lebih lama.

Indeks harga produsen AS untuk permintaan akhir naik 0,3 % pada November dan 7,4% tahun-ke-tahun, data yang dirilis pada Jumat (9/12/2022) menunjukkan, sedikit mengejutkan dari perkiraan kenaikan masing-masing 0,2 % dan 7,2 %.

Mata uang Inggris pound sterling turun 0,27% menjadi 1,22335 per dolar AS pada awal perdagangan Asia, sementara dolar Australia  diperdagangkan 0,34% lebih rendah menjadi 0,6773 per dolar AS dan dolar Selandia Baru  tergelincir 0,37 %  di 0,6391 per dolar AS.

“Ada sedikit kekhawatiran tentang bagaimana inflasi akan terus-menerus tinggi dan akan mendorong Fed untuk mempertahankan kebijakan pada tingkat yang lebih ketat bahkan lebih lama dari perkiraan sebelumnya,” kata Carol Kong, ahli strategi mata uang di Commonwealth Bank of Australia (CBA).

Pedagang juga tetap waspada menjelang peristiwa risiko utama minggu ini, termasuk serangkaian pertemuan bank-bank sentral utama.

Federal Reserve,  sekali lagi menjadi pusat perhatian, dan secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin, meskipun fokus akan berada pada proyeksi ekonomi terbaru bank sentral dan konferensi pers Ketua Fed Jerome Powell.

“Jika dia berbicara lebih banyak tentang risiko terhadap ekonomi … saya pikir itu mungkin akan dianggap dovish oleh pasar dan tentu saja, pasar menyukai komentar dovish dan bagaimana FOMC akan lebih memperhatikan risiko penurunan ekonomi,” kata Kong.

Bank Sentral Inggris (BoE) dan Bank Sentral Eropa (ECB) juga bertemu minggu ini, dan diperkirakan masing-masing memberikan kenaikan suku bunga 50 basis poin.

“Pejabat ECB telah memberi tahu kami bahwa mereka lebih peduli dengan inflasi yang mendasarinya, yang tetap tinggi,” kata Kong terkait  pertemuan ECB mendatang.

“Jika mereka menaikkan 50 basis poin,  mereka mungkin menindaklanjuti dengan beberapa komentar yang cukup hawkish dalam konferensi pasca pertemuan Lagarde,” ujarnya. Euro terakhir 0,1 % lebih rendah pada 1,0520 per dolar AS.

Sementara itu, dolar naik 0,12 % terhadap yen Jepang menjadi 136,73. Indeks dolar AS menambah kenaikan 0,04 % pada 105,09. Yuan di pasar luar negeri terakhir sedikit lebih tinggi pada 6,9730 per dolar, didukung oleh optimisme yang masih ada atas pelonggaran pembatasan COVID yang ketat di Tiongkok.

Menjelang pertemuan FOMC, angka inflasi AS November akan dirilis pada Selasa (13/12/2022), dengan para ekonom memperkirakan inflasi inti naik 6,1 % tahun-ke-tahun.

“Reaksi pasar terhadap kejutan inflasi AS sejauh ini asimetris pada tahun 2022, dengan kejutan sisi negatif memiliki efek yang lebih besar dari pada sisi positif,” kata analis di Barclays. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply