Aksi Korporasi Tol Semarang-Batang, Waskita Untung Rp 200 Miliar

December 8, 2022

BRIEF.ID – PT Waskita Karya (Persero) Tbk sebagai BUMN konstruksi mencatat keuntungan Rp 200 miliar melalui anak usahanya PT Waskita Toll Road (WTR) yang menyelesaikan tahapan akhir rangkaian aksi korporasi pada PT Jasamarga Semarang Batang (JSB).

“Hal ini ditandai dengan penandatanganan Akta Jual Beli (AJB) atau Sales Purchase Agreement (SPA) atas pelepasan 39,77% saham JSB kepada Kings Bless Limited (KBL), anak usaha Road King Expressway (RKE) pada 5 Desember 2022,” kata Direktur Utama WTR Rudi Purnomo melalui keterangan tertulis  di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Rangkaian skema transaksi ini diawali dengan pelaksanaan buy back atas 39,77% kepemilikan saham milik PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan Reksa Dana Penyertaan Terbatas SAM Jalan Tol (RDPT SAM-JT) yang telah selesai pada 30 November 2022.

Rudi menyampaikan total proceed yang diterima WTR dari transaksi dengan KBL lebih tinggi dibandingkan dengan nilai transaksi saat pelaksanaan buy back saham.

“Total proceed transaksi  senilai Rp3,8 triliun, sedangkan nilai transaksi WTR melakukan buy back saham JSB milik SMI dan RDPT SAM-JT sebelumnya senilai Rp3,6 triliun, sehingga dari transaksi tersebut WTR mencatatkan keuntungan sekitar Rp200 miliar,” katanya.

Transaksi pada ruas Tol Semarang – Batang  bukanlah transaksi pertama yang dilakukan dengan anak usaha RKE, di mana pada 2019 WTR telah melepas kepemilikan saham ruas Tol Solo – Ngawi dan Ngawi – Kertosono kepada Kings Key Limited dengan total proceed senilai kurang lebih Rp1,9 triliun, dan ruas Tol Medan –  Kualanamu – Tebing Tinggi kepada King Rings Limited dengan proceed senilai Rp824 miliar.

Sementara itu,  Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Waskita Karya Wiwi Suprihatno mengatakan pihaknya fokus dalam perbaikan kinerja keuangan pada kuartal IV tahun 2022.

Salah satunya melalui transaksi pelepasan kepemilikan saham sebagai salah satu bentuk asset recycling yang merupakan bagian dari proses bisnis Waskita Group.

“Pada tahun 2022, kami berhasil menyelesaikan tiga aksi korporasi pelepasan saham yaitu ruas Tol Cimanggis – Cibitung secara parsial kepada SMI dengan nilai transaksi Rp339 miliar pada bulan Juni, serta ruas Tol Kanci – Pejagan dan Pejagan – Pemalang kepada Indonesia Investment Authority (INA) dengan nilai transaksi Rp5,8 triliun pada bulan September 2022. Adanya empat aksi korporasi pada tahun 2022, perseroan berhasil mencatatkan keuntungan senilai kurang lebih Rp1,7 triliun,” kata Wiwi.

No Comments

    Leave a Reply