Presiden Jokowi Tinjau Rumah Contoh Tahan Gempa di Cianjur

December 8, 2022

BRIEF.ID – Presiden  Joko Widodo (Jokowi) meninjau rumah contoh tahan gempa di Yonif Raider 300, Kecamatan Karang Tengah, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat,  Kamis (8/12/2022).

Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto,  rumah contoh tersebut adalah salah satu skema untuk perbaikan rumah warga terdampak gempa Cianjur.

“Ada dua skema. Pertama,  kalau memang yang punya rumah itu mampu,  dia bisa mengerjakannya sendiri dan didampingi supaya rumah yang diperbaiki tetap tahan gempa. Kedua, kalau ingin menyerahkan kepada pemerintah nanti ada TNI dan pihak ketiga. Ada rumah contoh, beberapa rumah contoh sudah dibangun dan nanti yang akan dilihat Bapak Presiden di Yonif 300 Raider,” kata Kepala BNPB dalam keterangan terpisah.

Ia mengatakan, rumah contoh tahan gempa tersebut memiliki spesifikasi berupa pondasi lajur batu kali dengan struktur baja CNP dibungkus mortar. Dindingnya menggunakan bata ringan yang diaci serta dicat. Kusen dan rangka atapnya memakai baja ringan.

Sebelumnya, rumah model serupa pernah dibangun sebagai hunian tetap tahan gempa di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Suharyanto menjelaskan bahwa pencairan bantuan bagi perbaikan rumah warga yang rusak akibat gempa diperkirakan akan terbagi dalam lima tahap. Ia pun berharap seluruh rumah warga sudah selesai diperbaiki pada Juni-Juli 2023.

“Kami perkirakan sampai lima tahap ini, secara terus-menerus kita akan data sampai betul-betul by name by address jelas. Ini anggarannya akan terus kita ajukan ke Kementerian Keuangan untuk diberikan ke masyarakat. BNPB sudah membuat timeline pelaksanaan rehab rumah terdampak ini, khususnya untuk masyarakat. Harapan kami di Juni atau Juli 2023 ini semuanya sudah selesai diperbaiki,” jelas Suharyanto.

Mendampingi Presiden Jokowi pada peninjauan itu, di antaranya Menko  Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Suharyanto, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Cianjur Herman Suherman.

No Comments

    Leave a Reply