Survei Litbang Kompas: Ganjar – Ridwan Kamil Paling Banyak Dipilih Gen Z

November 2, 2022

BRIEF.ID – Survei Litbang Kompas bertajuk “Membaca Arah Pilihan Gen Z di Pemilu 2024,” nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi calon presiden yang paling banyak dipilih oleh Gen Z dengan elektabilitas 28,1%.

Nama Ganjar unggul dibandingkan Prabowo Subianto yang memperoleh elektabilitas 16,6% dan Anies Baswedan 13,3%.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi calon wakil presiden favorit Gen Z dengan elektabilitas 15,9%. Ridwan Kamil juga unggul dari Sandiaga Uno yang memperoleh elektabilitas 10%, Anies Baswedan 9,7%, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 3,8%.

Generasi Z dalam survei ini merupakan responden yang berusia antara 17 hingga 25 tahun. Dalam survei yang sama 33% suara Gen Z mengalir ke partai politik papan tengah.

Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menjadi partai politik dengan kenaikan elektabilitas tertinggi, pada periode Oktober 2022.

Peneliti Litbang Kompas, Arita Nugraheni mencatat, kualitas sosok pada partai memegang kunci keterpilihan partainya. Hal itu dibuktikan dengan 21,1% dari Gen Z yang menjadikan tokoh sebagai alasan utama saat memilih partai.

Untuk menggaet Gen Z, peserta pemilu semestinya lebih mengedepankan program dibandingkan hanya relasi emosional.

Survei Litbang Kompas dilakukan pada 24 September-7 Oktober 2022 yang melibatkan 1.200 responden dan dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Tingkat kepercayaan survei ini mencapai 95%, dengan margin of error sekitar 2,8%.

No Comments

    Leave a Reply