Munas Hipmi Ricuh, Bahlil: Para Senior Sangat Kecewa

November 22, 2022

BRIEF.ID – Menteri  Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM),  Bahlil Lahadalia menyatakan, kericuhan yang terjadi pada hari pertama Munas XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022) berpotensi merusak citra Hipmi di masyarakat.

Bahlil pernah menjabat Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi), periode 2015–2019.

“Para senior sangat  kecewa atas kejadian itu. Kericuhan ini akan merusak citra Hipmi di mata generasi muda,” kata Bahlil saat berpidato pada Munas XVII Hipmi di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah, Selasa (22/11/2022).

Bahlil mengungkapkan bahwa  sebagai senior Hipmi sangat bersedih, menangis, dan emosi berbaur menjadi satu  setelah mendengar keributan itu.

“Saya jujur mengatakan senior-senior di Jakarta sedih. Sedih, menangis, emosi, rasa sayang, dan campur aduk,” kata Bahlil.

Disebutkan, kejadian yang terjadi di luar forum itu kurang elok. Terlebih, Hipmi dinilai sebagai organisasi intelektual. Hipmi  adalah organisasi entrepreneur. Artinya, wadah tempat berkumpulnya orang-orang yang memilikinya cara pandang menyelesaikan masalah dengan lebih baik.

“Kenapa bisa terjadi seperti ini?” kata dia.

Ia mengaku sudah bicara dengan para alumni Hipmi, mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kepala LKPP Hendrar Prihadi, dan beberapa menteri yang juga merupakan alumni Hipmi. Menurutnya, mereka kecewa atas kejadian itu. Apalagi mengingat citra Hipmi di mata generasi muda nantinya bisa rusak.

“Kalau ini dipertontonkan terus apa kata generasi muda? Apakah jadi pemimpin itu, dengan berkelahi dulu untuk masuk ke organisasi ini?” kata dia.

Padahal, menurut dia, Hipmi merupakan organisasi yang punya martabat dan etika serta moralitas yang tinggi dibandingkan dengan organisasi lainnya. Karena itu ia memohon, agar rekan-rekan Hipmi memberikan contoh yang baik dalam berorganisasi sehingga jadi contoh positif untuk anak-anak muda.

Kabar Kericuhan Munas XVII Hipmi itu tersebar lewat sebuah video pendek di Internet dan media sosial. Rekaman tersebut memperlihatkan sejumlah peserta munas berbusana seragam batik Hipmi terlibat adu jotos. Sejumlah pihak menyebut keributan terjadi di lokasi Munas di Hotel Alila Solo, pada Senin (21/11/2022) malam.

Ketua Organizing Committe Munas XVII Hipmi, Muhammad Ali Affand  menjelaskan bahwa kejadian tersebut terjadi di luar sidang pleno Munas. Kericuhan bermula dari adanya kesalahpahaman.

“Kejadian semalam disebabkan kesalahpahaman personal antarpeserta munas Hipmi yang terjadi di luar rapat Pleno. Akibat peserta kelelahan karena padatnya agenda Munas sejak pagi hingga tengah malam,” kata  Ali Affandi kepada awak media, Selasa (22/11/2022).

Ali memastikan tahapan Munas Hipmi masih tetap berjalan seperti yang telah dijadwalkan. “Pada dasarnya panitia Munas sudah mem-brief peserta agar seluruh tahapan berjalan humanis dan baik,” kata Ali.

Menurut dia, Hipmi selalu mengutamakan kekeluargaan. Dia pun mengklaim dinamika yang terjadi selama munas hanya menghangat, tidak sampai panas.

“Kami panitia meminta maaf kepada masyarakat dan peserta munas HIPMI atas kejadian yang terjadi semalam. Kami akan menempuh penyelesaian secara kekeluargaan karena memang kami adalah keluarga,” ujar Ali.

No Comments

    Leave a Reply