Luhut: Presiden Putin Tidak Hadiri KTT G20 di Bali

November 10, 2022

BRIEF.ID-Menko Kemaritiman dan Investasi  yang juga Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bahwa Presiden  Rusia Vladimir Putin  tidak akan menghadiri  KTT G20 di Nusa Dua, Bali, pada 15-16 November 2022.

“Presiden  Putin sudah menyampaikan tidak akan hadir di KTT G20. Tapi  Presiden Putin mengirimkan perwakilan Rusia, yakni Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov untuk hadir. Saya kira itu yang paling tinggi,” kata Luhut di Nusa Dua, Bali, Kamis (10/11/2022).

Ia mengatakan, Pemerintah Indonesia menghormati keputusan Presiden Putin untuk tidak menghadiri KTT G20 di Bali. Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berkomunikasi langsung melalui telepon dengan Presiden Putin.

“Kita hormati keputusan Presiden Putin,” ujar Luhut.

Secara terpisah, Kepala Protokol Kedutaan Rusia di Jakarta, Yulia Tomskaya telah mengkonfirmasikan ketidakhadiran Putin pada pertemuan negara-negara Kelompok 20 itu.

“Saya dapat mengkonfirmasi bahwa (menteri luar negeri) Sergei Lavrov akan memimpin delegasi Rusia ke G20. Rencana Presiden Putin masih digarap, dia bisa berpartisipasi secara virtual,” kata Yulia Tomskaya.

No Comments

    Leave a Reply