Wapres Ajak Swasta dan BUMN Wujudkan Nol Emisi Karbon Tahun 2060

October 27, 2022

BRIEF.ID-Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak pengusaha swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan lembaga keuangan konvensional maupun syariah berkolaborasi untuk membantu pembiayaan transisi energi bagi terwujudnya nol bersih emisi pada 2060 mendatang.

Pemerintah Indonesia kini dalam proses transisi energi menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) di sektor kelistrikan. Target penurunan emisi karbon, yaitu dari 29% menjadi 31,89%.

“Saya mengajak para mitra bisnis dan lembaga keuangan, baik konvensional maupun syariah, untuk ikut berkolaborasi membantu pembiayaan transisi energi di Indonesia, untuk mencapai nol-bersih emisi pada tahun 2060,” kata Wapres pada penutupan Side Event G20 bertema “Guarding Energy Transition in Indonesia and Beyond: High Level Policy Discussion on Promoting Investment, Financing, and Development of Renewable and Green Energy” secara virtual, Rabu (26/10/2022).

Pada acara yang diselenggarakan Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (HIMPUNI), Wapres mengungkapkan bahwa pemerintah berkomitmen untuk mewujudkan transformasi energi menuju EBT melalui pembangunan ekosistem kendaraan listrik dan menargetkan Indonesia dapat memproduksi mobil dan bus listrik.

“Komitmen pemerintah dalam pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik juga diwujudkan dengan menargetkan industri otomotif dalam negeri untuk memproduksi mobil listrik dan bus listrik sebanyak 600 ribu unit pada tahun 2030,” jelas Wapres.

Dikatakan, melalui penerapan EBT diharapkan mampu mengurangi konsumsi BBM dan menurunkan emisi Co2 melalui kerja sama antara para pemangku kepentingan.

“Upaya ini diharapkan dapat mengurangi konsumsi BBM sebesar 3 juta barrel sampai dengan tahun 2030 serta menurunkan emisi CO2 sebanyak 1,4 juta ton. Mari berkolaborasi untuk mewujudkan target kita,” kata Wapres.

No Comments

    Leave a Reply