News

Pegadaian Lakukan Sosialisasi Penanggulangan Bahaya Narkotika untuk Karyawan

July 10, 2020

Jakarta, 10 Juli 2020 – PT Pegadaian (Persero) terus mendukung program pemerintah dalam memberantas peredaran narkoba di Indonesia, dengan menggelar kegiatan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkotika kepada seluruh karyawan, yang diselenggarakan pada 9 Juli 2020.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan perseroan bersama Badan Nasional Narkotika (BNN), di lingkungan kantor secara virtual. Sosialisasi ini dilangsungkan secara bertahap dan menyeluruh kepada semua karyawan.

“Kami sangat mendukung pelaksanaan program yang tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024. Sebagai salah satu BUMN, PT Pegadaian (Persero) tentunya berkewajiban untuk terus berperan secara aktif dalam menyukseskan program-program nasional,” Jelas Kuswiyoto, Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) saat ditemui disela kegiatan audiensi dengan Kepala BNN (Jumat, 10/07/2020).

Kuswiyoto menjelaskan penyalahgunaan narkotika tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah maupun BNN. Namun sudah menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia.

Survei dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menunjukkan 2,3 juta generasi muda alias milenial pernah menyalahgunakan narkotika. Secara umum, terdapat 3,4 juta penduduk Indonesia dengan rentan usia 10-59 tahun yang menyalahgunakan narkotika. Tidak hanya merusak kesehatan dan masa depan seseorang, penyalahgunaan narkotika tentunya akan menghambat pembangunan nasional.

“Kami telah memberikan edukasi kepada karyawan-karyawan milenial dengan mengundang narasumber dari BNN. Kegiatan edukasi tersebut telah terlaksana sebanyak 4 kali dan akan terus dilaksanakan hingga seluruh karyawan mendapatkan edukasi. Kami juga menyiapkan bentuk kampanye yang menarik dan kreatif agar seluruh karyawan dapat terlibat secara aktif dalam menyukseskan program ini.”

Lebih lanjut, Kuswiyoto menegaskan melalui serangkaian kegiatan sosialisasi yang telah dan akan dilaksanakan, diharapkan dapat menciptakan efek yang lebih luas (multiplier effect) kepada masyarakat. Selain memberikan edukasi, rencananya akan dilakukan kegiatan tes urine kepada seluruh karyawan. Hal ini bertujuan untuk melakukan deteksi dini penyalahgunaan narkotika dan prekursor narkotika di lingkungan PT Pegadaian (Persero).