BRIEF.ID – Chief of Marketing Officer Traveloka, Shirley Lesmana memprediksi minat masyarakat melakukan perjalanan domestik naik tajam seiring membaiknya perekonomian, menyusul dicabutnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada 30 Desember 2022.
Shirley menyebutkan, dalam rangka mengisi momentum libur Lebaran 2023, Traveloka sebagai platform perjalanan terdepan se-Asia Tenggara mendukung aktivitas masyarakat dengan cara berbagi informasi seputar perjalanan wisata, mulai dari pembelian tiket penerbangan domestik, internasional hingga tiket Kereta Api (KA), bus, dan sebagainya.
“Momen libur Lebaran identik dengan kebersamaan dan berkumpul keluarga. Sebagian besar pengguna aplikasi Traveloka menyatakan libur Lebaran selain dimanfaatkan untuk mudik, juga diisi dengan berlibur ke berbagai destinasi wisata di Indonesia dan mancanegara,” kata Shirley melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (28/3/2023).
Ia menyebutkan, berdasarkan data internal Traveloka, sebanyak 34% pengguna aplikasi mengaku memiliki preferensi baru tentang rencana perjalanan bersama keluarga tercinta, khususnya dalam rangka menyambut libur Lebaran 2023.
Sementara itu, 48% pengguna menyatakan akan akan memanfaatkan momen Lebaran 2023 untuk berlibur ke berbagai daerah di Tanah Air dan mengunjungi sejumlah negara.
“Kami mengamati, tren perjalanan domestik maupun internasional terus meningkat, khususnya pada libur Lebaran 2023. Sebagai penyedia platform perjalanan, Traveloka menghadirkan layanan komprehensif, yang mengutamakan kenyamanan dan kemudahan pengguna merencanakan perjalanan maupun liburan bersama keluarga,” jelas Shirley.
Disebutkan, berdasarkan hasil riset internal Traveloka, jumlah pengguna yang merencanakan berlibur pada libur Lebaran 2023 meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.
Sementara itu, berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan pergerakan masyarakat mencapai 123,8 juta orang, pada mudik Lebaran 2023 atau meningkat 14,2% dibandingkan Lebaran 2022, yang hanya sekitar 85,5 juta orang.
Destinasi Paling Diminati
Shirley mengungkapkan bahwa Traveloka juga mencatat berbagai destinasi domestik paling diminati pengguna untuk merayakan libur Lebaran adalah Bali, Surabaya (Jawa Timur), Medan (Sumatera Utara), Padang (Sumatera Barat), dan Yogyakarta.
Destinasi internasional, lanjutnya, terdiri atas Singapura, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, dan Jepang.
“Moda transportasi favorit pengguna untuk melewatkan libur Lebaran selain pesawat, juga moda transportasi darat seperti Kereta Api (KA), bus & shuttle bus, dan mobil pribadi.
Tingginya minat melakukan perjalanan, lanjut Shirley, Traveloka menggelar kampanye #RAYAkanYourWay siap menghadirkan layanan end-to-end serta promosi menarik baik untuk pemesanan tiket transportasi pesawat terbang, kereta api, bus, maupun akomodasi serta atraksi hiburan, dilengkapi dengan fitur PayLater. Seluruh layanan ini akan semakin memudahkan konsumen dalam merencanakan perjalanan yang personalized dan fleksibel.
Rangkaian kampanye #RAYAkanYourWay yang diluncurkan pada 7 Maret 2023 bertujuan untuk mengajak konsumen mengeksplorasi berbagai cara mengisi libur Lebaran, baik perjalanan domestik maupun internasional. Program ini juga menawarkan diskon hingga Rp 1 juta untuk reservasi tiket perjalanan domestik dan Rp 1,75 juta untuk reservasi tiket internasional. Sedangkan diskon sebesar Rp 300.000 untuk reservasi tiket Kereta Api, diskon reservasi bus dan shuttle serta kejutan Flash Sale Ramadan.
Shirley mengatakan, sebagai platform perjalanan digital yang kini hadir di 6 negara di Asia Tenggara, Traveloka terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.
“Kami memahami bahwa konsumen memiliki aspirasi dan kebutuhan yang beragam. Menyambut libur Lebaran mendatang, tidak hanya produk dan layanan end-to-end bagi konsumen yang menjadi fokus kami, juga kesiapan menghadapi lonjakan traffic pengguna,” kata Shirley.
No Comments