BRIEF.ID – Aplikasi layanan pemesanan tiket PT Kereta Api Indonesia Persero, Access by KAI, mencatat 522.861 transaksi dan melayani 787.553 pelanggan secara digital pada masa libur Waisak yaitu 9-13 Mei 2025.
Peningkatan ini mencerminkan kepercayaan pelanggan pada digitalisasi layanan KAI. Aplikasi Access by KAI mencatat lebih dari 29 juta unduhan, dengan 23 juta akun terdaftar, dan 8 juta pengguna aktif bulanan.
“Peningkatan ini mencerminkan kepercayaan pelanggan pada digitalisasi layanan KAI. Semuanya serba mudah, cepat dan bisa diakses di mana saja,” ujar VP Public Relations KAI Anne Purba di Jakarta, Jumat (16/5/2025).
Adapun selama periode 9–13 Mei, total penumpang KAI mencapai 997.013 orang, naik 37,20% dibandingkan akhir pekan sebelumnya. Rinciannya adalah KA Jarak Jauh tercatat 828.720 penumpang atau naik 39,11% dan KA Lokal mengangkut 168.293 penumpang atau naik 28,54%.
“Untuk itu, kami terus kembangkan Access by KAI agar makin user friendly, cepat dan relevan dengan kebutuhan pelanggan masa kini,” jelas Anne.
Menurut Anne, performa aplikasi Access by KAI juga menunjukkan pertumbuhan positif secara keseluruhan, tidak hanya saat periode libur panjang. Aplikasi mencatat sebanyak 8 juta pengguna aktif bulanan, dengan 23 juta akun yang terdaftar, serta 29 juta lebih unduhan.
Salah satu fitur unggulan pada aplikasi adalah carbon footprint, yang menampilkan estimasi emisi perjalanan.
“Ini cara kami mengajak pelanggan lebih sadar lingkungan. Naik kereta itu efisien dan lebih ramah bumi dibanding kendaraan pribadi,” kata Anne.
“KAI hadir bukan hanya sebagai moda transportasi, tapi solusi mobilitas yang efisien, aman dan ramah lingkungan,” katanya. (nov)