BRIEF.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, bulan suci Ramadan 1444 Hijriah menjadi pemicu tercapainya target 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara (Wisnus).
“Dalam program berwisata di Indonesia kita ditargetkan 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara, dan bulan suci Ramadan jadi pemicu utamanya,” kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno pada peresmian Television Commercial, sebuah media promosi pariwisata Sumatera Barat tentang storynomics budaya Minangkabau di Padang, Sumatera Barat, Jumat (31/3/2023).
Sandiaga mengatakan, pada 2021 dan 2022 realisasi pergerakan Wisnus di Tanah Air belum maksimal karena terimbas pandemi Covid-19 yang terjadi di sejumlah negara, termasuk Indonesia.
Pada tahun 2023 target pergerakan Wisnus sebesar 1,4 juta diyakini akan tercapai. Apalagi, tradisi mudik Lebaran menjadi momentum bagi masyarakat untuk pulang ke kampung halaman sehingga akan meningkatkan pergerakan ekonomi.
Ia secara khusus mengajak dan mendorong para perantau yang mudik untuk memanfaatkan momen Idul Fitri 1444 Hijriah untuk mengunjungi desa-desa wisata yang dibangun pemerintah daerah.
Sebab, lanjutnya, masyarakat yang melakukan pergerakan dari satu tempat ke tempat lain secara otomatis akan menciptakan peluang lapangan kerja bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
“Kalau mereka bergerak, mereka menggeliatkan ekonomi dan membuka peluang usaha,” ucapnya.
Dengan demikian, lanjutnya, target 4,4 juta lapangan pekerjaan di Tanah Air bisa diwujudkan. Di samping itu, pemerintah daerah juga perlu menerapkan gerak cepat (gercep), gerak bersama (geber) dan terakhir garap semua potensi (gaspol) atau yang dikenal dengan istilah 3G.
Terakhir, ia mengajak setiap pelaku usaha di Ranah Minang untuk selalu menyertakan hastag atau tagar “Visit Beautiful West Sumatera” apabila mengunggah aneka kerajinan tangan, potensi pariwisata dan lain sebagainya. (antara)
No Comments