Rakernas ke-5 PDI Perjuangan Minta Megawati Soekarnoputri Kembali Jadi Ketua Umum

May 26, 2024

BRIEF.ID – Ketua DPP PDI Perjuangan  Puan Maharani mengatakan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-5 PDI Perjuangan meminta kesediaan Megawati Soekarnoputri untuk kembali menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan, periode 2025 – 2030.

Puan mengatakan hal itu ketika membacakan sikap politik  hasil rekomendasi eksternal Rakernas  di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024).

“Rakernas ke-5  partai setelah mendengarkan pandangan umum DPD PDI Perjuangan se-Indonesia, memohon kesediaan Prof  Dr Megawati Soekarnoputri untuk dapat diangkat dan ditetapkan kembali sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan, periode 2025 – 2030 pada Kongres VI Tahun 2025,” ujar Puan.

Sebelumnya, saat menyampaikan pidato politik pada pembukaan Rakernas, Jumat (24/5/2024), Megawati sempat melontarkan kelakar yang bernada menggoda Puan untuk saling berganti posisi. Megawati ingin Puan menggantikan posisinya sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan, dan ia  menggantikan Puan sebagai Ketua DPR RI.

“Jadi, saya, kalau beliau pamit, kemarin itu ikut di Bali, lalu kapan itu ke Meksiko. Lalu saya bilang,  Gantianlah sama saya. Saya deh yang jadi ketua DPR, kamu yang jadi ketua umum,” kata  Megawati sembari tertawa.

“Loh enak-enak saja, masak saya yang disuruh nongkrong di sini. Terus keadaannya gonjang-ganjing enggak jelas. He-he-he,” sambung Megawati.

Sementara itu, Puan menanggapi singkat candaan tersebut. Puan tidak menjawab ketika ditanya apakah candaan itu merupakan kode bagi dirinya akan menggantikan posisi Megawati sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan.

“Berdoa saja, Insya Allah,” kata Puan.

Di sisi lain, Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah mengatakan, internal PDI Perjuangan menganggap ucapan Megawati yang meminta bertukar posisi ketua umum dengan Puan Maharani hanyalah sebuah candaan.

“Ya kalau celetukan-celetukan seperti itu dianggap sinyal, bagi internal kami itu bukan sinyal. Ibu Ketua Umum (Megawati) itu suka bercanda,” kata Said.

Rakernas ke-5 PDI Perjuangan mengangkat tema “Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang” dan sub tema Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran yang Berjaya.  (Antara)

No Comments

    Leave a Reply