Rakernas ke-5 PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri Mendapat Mandat Tentukan Sikap Politik Partai

May 26, 2024

BRIEF.ID – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-5 PDI Perjuangan memberikan mandat kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk menentukan sikap politik partai terhadap pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Mandat  disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani saat membacakan sikap politik sebagai hasil rekomendasi eksternal Rakernas V PDI Perjuangan di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Minggu (26/5/20224).

“Rakernas ke-5 PDI Perjuangan memberikan kewenangan penuh kepada Ketua Umum PDI Perjuangan, sesuai dengan ketentuan Pasal 15 Anggaran Rumah Tangga PDI Perjuangan, untuk menentukan sikap politik partai terhadap pemerintah,” tutur Puan.

Puan mengatakan, Rakernas  telah mengkaji berbagai persoalan bangsa dan negara yang dinilai mengandung potensi kerawanan, sehingga harus dicermati langkah mitigasinya agar tidak menciptakan krisis.

Rakernas, imbuh Puan, memandang pentingnya keteguhan kepemimpinan partai dalam menghadapi transisi pemerintahan ke depan. Sebab itu, rakernas memberi kewenangan penuh kepada Megawati untuk menentukan sikap politik PDI Perjuangan terhadap pemerintahan ke depan.

Sebelumnya, Megawati  menyinggung  sikap politik PDI Perjuangan terhadap pemerintahan ke depan saat menyampaikan pidato politik pada pembukaan Rakernas ke-5 PDI Perjuangan, Jumat (24/5/2024).

Dia mengatakan, sikap politik PDI Perjuangan pada  pemerintahan ke depan harus dicermati secara saksama,  dengan mendengarkan suara akar rumput. Menurut dia, cara tersebut demi terlembaganya demokrasi yang sehat.

“Lalu, bagaimana sikap PDI Perjuangan terhadap pemerintahan ke depan? Tentu harus dicermati dengan saksama. Partai harus mendengarkan semua suara akar rumput, dari yang berteriak-teriak sampai sayup-sayup, dan terus berjuang bagi terlembaganya demokrasi yang sehat,” katanya.

Dalam menyikapi politik ke depan, Megawati menyebut PDI Perjuangan merupakan partai politik yang mementingkan kontrol dan penyeimbang (check and balance). Namun, dia tidak menafikan bahwa berpolitik mengandung esensi untuk mendapatkan kekuasaan.

“Hanya bedanya apa, toh? Yaitu strategi dan cara untuk mendapatkan kekuasaanlah yang membedakan kita,  PDI Perjuangan dengan yang lainnya,” ujar Megawati.

Di samping itu, dia meyakini bahwa masyarakat sipil yang kuat serta pers yang andal dan bebas terukur diperlukan dalam menghadapi tantangan yang tidak mudah ke depannya.

“Demokrasi juga memerlukan partai politik yang sehat dan terlembaga, serta sistem hukum yang benar-benar berkeadilan,” kata Megawati.

No Comments

    Leave a Reply