Jokowi: Selalu Saya Ulang-ulang, Jangan Sembrono Pilih Capres dan Cawapres

November 7, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi)  menyatakan akan berulang-ulang kali mengingatkan para elite partai politik (parpol) agar tidak sembrono memilih calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung pada Pilpres 2024 mendatang. 

Kehati-hatian dan tidak sembrono sangat diperlukan karena capres dan cawapres yang terpilih nantinya akan memimpin 270 juta jiwa penduduk Indonesia yang sedang menghadapi krisis pangan, energi, dan finansial yang dipicu pertikaian geopolitik yang melibatkan Ukraina vs Rusia.

“Memang harus hati-hati, hati-hati, loh menakhodai 270 juta lebih rakyat Indonesia. Kenapa selalu saya ulang-ulang? Memang harus hati-hati. Jangan sembrono,” kata  Jokowi saat memberikan keterangan pers  usai menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-8 Partai Persatuan Indonesia (Perindo) di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta, Senin (7/11/2022).

Kepala Negara juga mengingatkan bahwa pasangan capres dan cawapres itu disiapkan oleh partai politik atau gabungan partai politik, sebelum dipilih rakyat. Oleh sebab itu, peran partai politik dalam menentukan pasangan capres dan cawapres sangatlah penting.

“Saya ulang ya, bahwa yang namanya capres, cawapres, itu disiapkan oleh partai atau gabungan partai. Nanti yang pilih rakyat, bukan saya. Partai atau gabungan partai, yang milih rakyat, sehingga sekali lagi, hati-hati memilih capres dan cawapres,” imbuhnya.

Presiden juga berpesan agar partai-partai politik mempertimbangkan waktu yang tepat dalam mengumumkan capres dan cawapres. Presiden meminta parpol menjaga situasi kondusif politik, terutama di tengah keadaan global yang tidak menentu.

“Pemilu-nya sudah tinggal Februari 2024, awal loh berarti, tinggal setahun praktis, iya kan? Tetapi menjaga kondusivitas politik, karena tidak terdukung oleh keadaan global itu yang harus kita tahu semuanya, hati-hati. Keadaan ini tidak sedang normal-normal saja,” kata dia.

No Comments

    Leave a Reply