Pidato Politik Megawati Soekarnoputri Belum Cerminkan Sikap PDI Perjuangan Sebagai Oposisi

May 25, 2024

BRIEF.ID – Pidato politik yang disampaikan  Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada pembukaan Rapat Kerja Nasional ke-5 PDI Perjuangan dinilai belum mencerminkan sikap partai itu sebagai oposisi pemerintahan 5 tahun mendatang.

Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia Igor Dirgantara menilai arah pidato politik Megawati lebih condong merespons atau mengkritisi jalannya pemerintahan yang saat ini terselenggara. Sementara itu, pemerintahan Prabowo Subianto akan  terbentuk pada  Oktober mendatang.

“Sudah jelas tidak menentukan posisi PDI Perjuangan itu oposisi atau enggak, belum. Jadi, jawabannya itu belum tentu,” kata Igor di Jakarta, Jumat (24/5/2024).

Menurut dia, potensi PDI Perjuangan menjadi oposisi pun masih ada. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan partai itu bisa bergabung dengan pemerintahan. Partai banteng moncong putih itu  akan lebih tegas menentukan posisinya pada Kongres PDI Perjuangan mendatang.

Terlebih lagi, lanjut dia, hubungan Megawati dan Prabowo sejauh ini tidak ada permasalahan. Selain itu, Prabowo pun saat ini mengusung agenda rekonsiliasi demi persatuan nasional.

Ia menyebutkan beberapa petinggi PDI Perjuangan juga banyak yang menyampaikan bahwa rakernas kali ini tidak memutuskan partai tersebut akan menjadi oposisi pemerintah atau tidak.

“Jadi, Kongres PDI Perjuangan bisa menentukan apakah partai ini bergabung dengan Prabowo atau di luar pemerintahan, jadi ini tawar-menawar politik juga,” katanya.

No Comments

    Leave a Reply