Ganjar Pranowo Ungkap Sikap Politik PDI Perjuangan  

May 25, 2024

BRIEF.ID – Politisi PDI Perjuangan  Ganjar Pranowo menyatakan,  sikap politik partai terhadap pemerintahan mendatang adalah senada dengan isi pidato Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-5.

“Prediksi saya seperti apa menjadi kata per kata, kalimat per kalimat, seperti yang disampaikan Ibu Mega. Kalau saya melihatnya, sih, jelas,” ucap Ganjar ditemui usai pembukaan Rakernas V PDI Perjuangan di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Jumat (24/5/2024). Rakernas yang diikuti para kader dari seluruh Indonesia akan berlangsung hingga Minggu (26/5/2024).

Ganjar mengatakan, pidato Megawati merupakan pembakar semangat para kader sesuai  tema Rakernas ke-5 PDI Perjuangan “Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang.”

“Saya kira Ibu Mega sedang memberikan semangat kepada seluruh kadernya untuk tidak mudah menyerah, sesuai  temanya, yakinlah bahwa kebenaran pada saatnya akan menemukan jalannya sehingga itu memberikan girah perjuangan kami semuanya,” kata dia.

Ganjar menjelaskan, sikap politik PDI Perjuangan akan dirumuskan pada Rakernas ini. Megawati, lanjut Ganjar, akan mendengarkan aspirasi kader terkait  sikap politik itu dalam forum Rakernas.

“Ibu Mega juga bercerita. Satu, kita mendengarkan suara yang ramai banget, tapi juga kita mendengarkan suara yang sayup-sayup. Itu artinya betul-betul Ibu Mega mencoba mengakomodasi akan ke mana partai ini. Ya, memang pidatonya betul-betul tadi menunjukkan ketegasannya. Rasa-rasanya, sih,  sejalan  dengan apa yang menjadi suasana kebatinan kader,” kata Ganjar.

Megawati dalam pidatonya menyinggung beberapa hal, di antaranya perihal pemimpin otoriter populis, urgensi reformasi terhadap negara hukum yang demokratis, anomali Pemilu 2024, hingga keteguhan menyuarakan kebenaran.

Megawati bahkan mengakui dirinya saat ini adalah seorang  provokator menyusul Pemilu 2024 yang buruk dan pengingkaran hak kedaulatan rakyat.

“Nanti katanya ‘Bu Mega provokator.’ Ya! Saya sekarang provokator demi kebenaran dan keadilan. Uenak ae (enak saja, red.). Ngerti ‘kan yang dimaksud? Ya sudah,” ucapnya.

Sementara itu, terkait  sikap politik ke depan, Megawati menegaskan,  yang perlu dicermati secara saksama adalah PDI Perjuangan harus mendengarkan suara kader.

“Partai harus mendengarkan semua suara akar rumput, dari yang berteriak-teriak sampai sayup-sayup, dan terus berjuang bagi terlembaganya demokrasi yang sehat,” kata Megawati.

Rakernas V PDI Perjuangan mengangkat tema “Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang” dan sub tema “Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran yang Berjaya.”  

No Comments

    Leave a Reply