Zakat dan Wakaf Berperan Aktif untuk Mencapai SDGs

March 16, 2024

BRIEF.ID – Aktivis dan Cendekiawan Muslim, Alissa Wahid mengatakan, zakat dan wakaf dapat berperan aktif untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

Putri sulung Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu menyatakan, ada  tiga bagian penting dari pemberdayaan zakat dan wakaf yang dapat berperan untuk mencapai SDGs.

“Keberhasilan program-program yang dijalankan sangat bergantung pada pengelolaan yang tepat.  Program yang bagus, apabila tidak dipegang oleh orang yang tepat, maka tidak akan kemana-mana,” kata Alissa pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pemberdayaan Zakat dan Wakaf 2024 di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Ia mengatakan, bagian pertama  adalah sumber daya bagi kemaslahatan umat. Alissa  menekankan, bagian ini berfokus pada penyelesaian langsung persoalan umat, dengan contoh bagaimana zakat dapat membantu mengatasi stunting.

Kedua, adalah sumber daya pemberdayaan umat.

“Keberhasilan program pemberdayaan umat tidak hanya dilihat dari pelaksanaannya, tetapi juga dari hasilnya dalam membantu masyarakat menjadi lebih mandiri,” ujarnya.

Ketiga, lanjut Alissa, adalah bagaimana zakat dan wakaf sebagai bentuk blended finance.

Dijelaskan, tujuan pembangunan berkelanjutan menjadi fokus utama dalam pendekatan blended finance, dan 17 agenda SDGs menjadi tolok ukur keberhasilan dari pendekatan ini.

Indonesia memiliki potensi untuk menjadi model yang baik dalam menerapkan  blended finance dalam mencapai SDGs. Dia berharap, Indonesia dapat menjadi teladan dalam menghadapi tantangan global.

“Bappenas beberapa kali membuat konferensi mengenai peran zakat wakaf untuk menyelesaikan 17 tujuan pembangunan berkelanjutan pada tingkat global, tentunya tingkat nasional dahulu. Bila Indonesia berhasil, maka Indonesia bisa menjadi model yang sangat baik untuk blended finance sebagai langkah menuju kesuksesan SDGs,” kata Alissa.

No Comments

    Leave a Reply