Partisipasi Indonesia Pada “India Gaming Show 2024” Dorong Aktivasi Game Nasional

March 21, 2024

BRIEF.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis partisipasi Indonesia di ajang “India Gaming Show 2024” dapat memicu aktivasi game di dalam negeri.

Sandi menyebut, keikutsertaan Indonesia pada ajang “India  Gaming Show 2024” sebagai salah satu tindak lanjut  Amanat Perpres (Ampres) Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Game Nasional.

“Pasar game India  diproyeksikan mencapai US$ 5 miliar pada tahun 2025 dan ajang “India Gaming Show 2024” memberikan kesempatan kepada pengembang game Indonesia untuk memperluas jangkauannya dengan India,” kata Sandi melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Pada event ini, Paviliun Indonesia menghadirkan 4 studio game terkemuka tanah air, yaitu Hexaplay, Anantarupa, Ginger Sun Studio, dan Marica serta Asosiasi Pengembang Gim Indonesia (AGI).

Sementara itu,  Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Neil El Himam mengatakan, jenis game yang diminati  pasar India adalah Platform Role Playing Game (RPG Game), Action Games, Massive Multiplayer Online Role Playing Games (MMORPG), Horor Survival Games, dan Sport Games.

“Kebijakan India dengan membatasi akses produk game asal Tiongkok juga membuka peluang besar yang dapat dioptimalkan bagi perusahaan game Indonesia, baik secara B2B maupun B2C,” kata Neil.

No Comments

    Leave a Reply