Menparekraf Luncurkan Anugerah Desa Wisata Indonesia

March 12, 2024

BRIEF.ID – Menteri  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 sebagai program unggulan yang memberikan penghargaan dan apresiasi kepada para penggerak sektor pariwisata di Desa Wisata Bugisan, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (9/3/2024).

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (12/3/2024), Sandi mengatakan, ADWI 2024 tidak hanya fokus pada pemberian penghargaan, juga memberikan pendampingan sehingga desa-desa  wisata terpilih dapat mengoptimalkan potensi, memperkuat tata kelola destinasi, dan memastikan keberlanjutan lingkungan.

ADWI 2024, lanjutnya, sebagai upaya mempercepat pembangunan desa, mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa.

ADWI yang menjadi perjalanan berkesan penuh tantangan dan harapan, dimulai pada 2021 di mana sebanyak 1.831 desa wisata  mendaftar, yang kemudian setiap tahunnya terus meningkat.

“Dengan semangat dan harapan baru, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024 tidak hanya tentang pemberian penghargaan tapi juga komitmen untuk program pendampingan dan bantuan pemerintah serta kolaborasi bersama mitra strategis dalam rangka meningkatkan kapasitas desa wisata agar dapat terus berkembang dan memberikan manfaat jangka panjang,” ujar Sandi.

No Comments

    Leave a Reply