Wapres Puji Kehidupan Beragama di Tiongkok

September 19, 2023

BRIEF.ID – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memuji  kehidupan beragama di Tiongkok yang kini semakin  baik.

“Kebebasan beragama di Tiongkok saat ini cukup baik,” kata Wapres usai melaksanakan salat Dzuhur jamak Ashar di Masjid Shanghai Pudong, Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Senin (18/9/2023).

Wapres mengungkapkan,  saat dijamu santap malam  Perdana Menteri (PM) Tiongkok bersama para pemimpin negara ASEAN,  meja-meja makan dihiasi  miniatur tempat-tempat ibadah seperti Pagoda, Gereja, dan Masjid.

“Meja-meja di tempat pertemuan dan makan malam dihiasi  miniatur tempat ibadah, Pagoda, Gereja, dan Masjid. Artinya,  agama Islam bisa berkembang dengan baik di sini,” ungkapnya.

Selain itu, ujar Wapres,  Perdana Menteri (PM) Tiongkok Li Qiang mengundangnya untuk mengunjungi komunitas-komunitas Muslim di Tiongkok.

“Kita harapkan ke depan bukan hanya sertifikasi halal makanannya, tapi kehidupan  sebagai muslim misalnya, dalam menjalankan agamanya bisa juga memperoleh kesempatan yang terbuka,” kata Wapres.

Lebih jauh, Wapres menunjukkan bukti bahwa kehidupan beragama di Tiongkok cukup baik tercermin pada kehadiran Masjid Shanghai Pudong yang dibangun di area strategis,  yakni di pinggir jalan dan  bukan di sudut terpencil.

“Saya melihat di sini bersih, nyaman untuk salat, dan tempatnya bukan di tempat umum, tetapi di tepi jalan yang strategis, tempat wudhunya juga bersih, [lantai masjid] malah dilapisi kayu di atasnya sehingga untuk salat nyaman,” kata Wapres.

Masjid Shanghai Pudong dibangun pada tahun 1935 dan diperluas pada tahun 1984. Masjid yang terletak di dekat Jalan Dongshang di Distrik Pudong, menawarkan akses mudah bagi umat Islam di Shanghai dan sekitarnya yang ingin melaksanakan salat berjamaah.

Masjid yang berdiri di atas lahan seluas 1.650 meter per segi,  memiliki ruang salat, ruang imam, dan aula khutbah yang besar, dengan menara setinggi 36 meter berdiri tegak di bagian luarnya.

No Comments

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: