Ekonomi Hijau Senjata Ampuh Hadapi Perubahan Iklim

September 18, 2023

BRIEF.ID – Saat ini, ekonomi hijau (green economy) menjadi senjata ampuh untuk menghadapi perubahan iklim yang terjadi di berbagai negara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan,   negara-negara di dunia  kini aktif  melakukan transisi menuju ekonomi hijau untuk menghadapi perubahan iklim.

Berbagai aktivitas hijau seperti daur ulang sampah, produksi industri hijau, pembangunan kendaraan listrik, hingga penggunaan bahan bakar hijau terus dikerjakan oleh banyak negara.

“Semuanya yang berbau green, yang berbau hijau semuanya sekarang ini mulai dikerjakan di semua negara. Industri baterai untuk kendaraan listrik dimulai dan kita juga tidak ingin kehilangan kesempatan untuk membangun industri baterai kendaraan listrik karena kita punya bahan bakunya di sini. Nikel kita punya, kobalt kita punya, mangan kita punya,” kata Presiden Jokowi  pada  Festival LIKE (Lingkungan, Iklim, Kehutanan, Energi EBT) Road to COP28 UAE 2023  di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (18/9/2023).

Hadir pada kesempatan itu,  Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua Komisi Yudisial Amzulian Rifai, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono,  Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo,  Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan perwakilan negara-negara sahabat.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi secara khusus  mengingatkan kepada perusahaan tambang agar memiliki persemaian sehingga bisa langsung menanam pohon di area bekas tambangnya.

“Setiap habis nambang langsung ditanam supaya tidak terjadi kerusakan lingkungan yang makin parah. Wajib karena sudah ada peraturan menterinya baru saja keluar,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga  mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga lingkungan hidup di Indonesia agar tetap hijau.

“Marilah, kita jaga lingkungan hidup kita baik yang biotik maupun abiotik sehingga negara kita Indonesia ini tetap hijau, lingkungannya baik, udaranya bersih, dan kita bisa menikmati hidup di negara yang kita cintai ini,” kata dia.

No Comments

    Leave a Reply