Debat Capres 2024, Ganjar-Mahfud Kenakan Jaket Varsity

February 4, 2024

BRIEF.ID – Menutup rangkaian Debat Capres dan Cawapres  2024, Pasangan Calon (paslon) Nomor Urut 3,  Ganjar Pranowo dan Mahfud MD  hadir di Jakarta Convention Center (JCC) mengenakan Jaket Varsity (Universitas) berwarna kombinasi hitam dan putih, yang  bertuliskan 21 Program Unggulan Ganjar-Mahfud. Alas kaki yang dikenakan pasangan itu pun, lagi-lagi sepatu karya anak bangsa yang diproduksi di dalam negeri.

Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra, menjelaskan, mengenakan jaket a’la universitas  adalah wujud  apresiasi Ganjar-Mahfud pada gelombang pernyataan sikap, yang diungkapkan para rektor, guru besar, dosen dari berbagai perguruan tinggi  ternama,  yang mendukung upaya bersama  menjaga demokrasi, serta menegakkan etika dan moral dalam berpolitik.

Selain sebagai wujud  apresiasi, sama seperti busana-busana debat sebelumnya,  kali ini juga erat kaitannya dengan tema debat.

“Mengenakan jaket  varsity yang khas mahasiswa itu memberikan penjiwaan lebih pada Mas Ganjar, karena pada tema debat pamungkas ini, Mas Ganjar akan banyak membahas tentang masa depan  sumber daya manusia (SDM), masa depan anak muda generasi penerus kita,” kata Karaniya.

Tema debat kelima adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.       

Selain itu, Karaniya juga mengatakan, jaket varsity  merupakan simbol prestasi, kehormatan, dan semangat tim. Dengan memakainya, Ganjar-Mahfud ingin menginspirasi masyarakat  arti pentingnya kerja keras, dedikasi, dan kebersamaan dalam mencapai tujuan bersama.

Jenama Asal Kota Bandung

Jaket yang dikenakan paslon nomor urut 3 itu dibuat oleh jenama asal Kota Bandung, Raw Type Riot.

“Ini merupakan sebuah pilihan yang tak hanya soal gaya,  juga komitmen pada karya anak bangsa. Karena Raw Type Riot ini ide kreasinya muncul dari mahasiswa di asrama kampus,” jelas Karaniya.

Lebih lanjut, kata Karaniya, pemilihan jaket varsity Raw Type Riot menjadi bagian integral dari visi Ganjar-Mahfud untuk memajukan ekonomi kreatif dan memberikan peluang bagi para pelaku usaha di dalam negeri.

Sejumlah program unggulan Ganjar-Mahfud juga tertera pada jaket itu  dalam bentuk patch. Jika pada debat-debat sebelumnya patch menampilkan program bertema pertahanan dan lingkungan, maka pada debat kali ini, program yang ditampilkan adalah 1 Keluarga Miskin, 1 Sarjana,   1 Desa 1, Faskes, 1 Nakes, Bansos Pasti,  Internet Gratis, dan lain sebagainya yang terkait tema debat.

Sedangkan  sepatu, kata Karaniya, Ganjar-Mahfud mengenakan jenama lokal asal Bandung, Marque. “Sepatu buatan jenama lokal Marquee ini juga merupakan simbol ajakan bagi masyarakat untuk melangkah bersama dalam menciptakan masa depan yang lebih baik, seiring  semangat inovasi dan dedikasi anak bangsa.               

Sementara itu, para pendukung Ganjar-Mahfud yang hadir dalam debat kelima mengenakan kaos raglan bergambar ilustrasi-ilustrasi Ganjar-Mahfud. Kaos raglan dengan potongan berbeda warna pada lengan ini punya sejarah yang menarik. Kaos ini berkaitan erat dengan dunia kampus, karena sering dipergunakan oleh tim baseball atau kasti di kampus-kampus.            

Kaos raglan para pendukung Ganjar-Mahfud bergambarkan ilustrasi-ilustrasi program, kampanye-kampanye, hingga karya seni dari lagu kampanye ‘S3mut hitam’ yang sudah tersebar luas. Keberagaman kaos ini juga melambangkan semangat kebhinekaan yang dibawa Ganjar-Mahfud sekaligus pendukungnya.  

No Comments

    Leave a Reply