10 Tahun Gedung Gereja Diserobot, GPIB Jemaat Taman Harapan Cawang Lakukan Ibadah Pertama, Dipimpin Ketua III MS

February 25, 2024

BRIEF.ID – Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Jemaat Taman Harapan Cawang, Jakarta Timur mengadakan ibadah perdana di Rumah Gereja Maranatha (RGM), setelah hampir 10 tahun diserobot dan digunakan oleh Gereja Anugerah Bentara Kristus (GABK).

Ibadah perdana GPIB Jemaat Taman Harapan di RGM, yang berlangsung Minggu (25/2/2024) pukul 08.00 WIB, dihadiri sekitar 209 warga jemaat, dan dipimpin  Ketua III Fungsionaris Majelis Sinode (FMS) GPIB, Pendeta Maureen S. Rumeser  Thomas, MTh, selaku pemberita firman.

Hadir dalam ibadah, perwakilan fungsionaris Majelis Sinode (MS) GPIB, yakni Ketua V Penatua Robby Wekes, Sekretaris II Penatua Ivan Gelium Lantu, dan Bendahara I Viktor Pangkerego.

Hadir pula, Ketua Departemen Germasa GPIB yang juga Ketua IV Badan Pelaksana Musyawarah Pelayanan (BP Mupel) GPIB Jakarta Timur, Penatua Alex Mandalika selaku utusan Majelis Sinode GPIB dalam proses pengambilalihan Gedung Gereja GPIB Taman Harapan atau RGM, serta Sekretaris II Diaken Michael Sendow.

Dalam khotbahnya,  Pendeta Maureen mengingatkan jemaat untuk menjaga persekutuan dan kerukunan, yang  merupakan refleksi dari pembacaan firman yang terambil dari Kitab Mazmur 133: 1-3.

Ibadah  diisi  pujian dari Paduan Suara (PS) Jemaat GPIB Taman Harapan, PS Majelis Jemaat,  Ukulele  Pelkat PA, Vocal Group  Pelkat PT, dan Pelkat GP.

Pada kesempatan itu, juga diputar video ucapan selamat dari sejumlah jemaat GPIB di Mupel Jakarta Timur, yang turut bergumul dan mendoakan permasalahan GPIB Jemaat Taman Harapan.

Sementara itu,  Penatua Alex Mandalika  mewakili tim yang diutus MS GPIB untuk membantu proses pengambilalihan RGM menyampaikan, rasa haru menyaksikan jemaat GPIB Taman Harapan dapat kembali beribadah di gedung gereja milik mereka.

“Saya tak bisa bicara panjang lebar. Rasanya terharu melihat jemaat GPIB Taman Harapan bisa kembali beribadah di sini. Terima kasih untuk Pendeta  Ruth Susana Tengker Kamau, juga rekan-rekan Pelkat PKB yang sudah berkoordinasi selama ini sampai gedung gereja ini bisa kembali kita gunakan. Tetap semangat. Tuhan Yesus menyertai kita semua,” kata Penatua Alex Mandalika.

Ibadah Perdana GPIB Jemaat Taman Harapan di Gedung RGM di Gang Budhi, Cawang, Jakarta Timur, berlangsung kondusif, dan dalam pengamanan Polsek Kramatjati, Jakarta Timur.

Pendeta Maureen S. Rumeser  Thomas, MTh

Jemaat GPIB Taman Harapan   bersuka cita dapat kembali beribadah di RGM yang sudah hampir 10 tahun dikuasai oleh mantan pendeta GPIB, Helmy Sherly Wattimury Tetelepta, yang telah dipecat  MS GPIB, pada 1 Februari 2014 dan kemudian ditahbiskan menjadi pendeta GABK, pada 11 Mei 2014.

“Kami terakhir mengikuti ibadah di Gedung Gereja ini pada 4 Mei 2014, saat itu pelayan PA-PT diusir dari Gedung Gereja ini. Tapi dengan kuasa dan pertolongan Tuhan, hari ini kami bisa kembali beribadah di sini. Tuhan Yesus sungguh baik,” kata Sekretaris PHMJ GPIB Taman Harapan, Eva Nasution. (Jeany Aipassa)

No Comments

    Leave a Reply