Ganjar Pranowo Dukung Pernyataan JK Soal Pemimpin Harus Sabar

January 11, 2024

BRIEF.ID – Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo  sepakat dengan pernyataan Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla (JK) bahwa seorang pemimpin harus mengedepankan sikap sabar daripada memperlihatkan sisi emosional, saat menghadapi suatu masalah.

“Iya, pasti emosinya mesti dijaga  karena kalau pertunjukannya adalah kemarahan dan emosi, pasti ada beberapa yang tidak suka,” kata Ganjar di sela kampanye di Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis (11/1/2024).

Ganjar mengungkapkan, calon pemimpin harus menampilkan sisi edukatif, seperti  tercermin dalam Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 di Istora Senayan,  Minggu (7/1/2024).

Walaupun ada yang menilai debat tersebut tidak edukatif, Ganjar tetap menilai debat tersebut merupakan cara edukasi politik paling baik. Ia menjelaskan alasannya banyak menampilkan data saat Debat Ketiga Capres, supaya masyarakat dapat melihat capaian target dan performa pertahanan Tanah Air.

Capres berambut putih itu tak mempersoalkan bila ada pihak yang tak percaya data tersebut, selama argumentasi itu benar. Selain itu, Ganjar juga menyoroti mengenai tak ada data yang bisa ditampilkan saat debat akibat keterbatasan waktu. Secara data kuantitatif, ujarnya, memang agak sulit ditampilkan, tetapi seorang pemimpin dapat berbicara secara kualitatif.

“Oke, secara kuantitatif tidak bisa, maka setidaknya pemimpin itu bicara kualitatifnya apa,” ujar Ganjar.

Pemimpin Harus Sabar

Sebelumnya,  JK menyatakan seorang pemimpin harus mengedepankan sikap sabar daripada memperlihatkan sisi emosional saat menghadapi suatu persoalan.

JK mengatakan hal itu dalam forum bertajuk “Dialog Kebangsaan dan Kewirausahaan” di Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (10/1/2024).​​​​​​​

“Bagaimana kira-kira negara dipimpin oleh orang yang suka marah? Bagaimana kira-kira kalau dia berdebat dengan kepala negara lain?” kata JK yang telah menyatakan dukungannya untuk pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Ia mengibaratkan seorang pemimpin ialah layaknya sopir yang harus mengedepankan kesabaran dalam berlalu lintas. Jika tidak, menurut JK, maka hal itu bisa mencelakakan para penumpang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, sebagai peserta Pilpres 2024.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dan pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

No Comments

    Leave a Reply