Ganjar Pranowo: Distribusi Tidak Tepat Sasaran, Pupuk Bersubsidi Langka di Seluruh Indonesia

January 4, 2024

BRIEF.ID – Calon Presiden (capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mengatakan, distribusi pupuk bersubsidi yang tidak tepat sasaran, mengakibatkan pupuk bersubsidi mengalami kelangkaan  di berbagai daerah di Tanah Air.

Pernyataan itu disampaikan Ganjar saat   berjumpa  petani di Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (4/1/2024).

“Waktu debat, ada yang nanya ke saya, Pak Ganjar pupuk langka di Jawa Tengah karena Bapak. Saya jawab, loh saya ke Sumatera Utara, ya langka. Saya ke Lampung ya langka. Ke Sulawesi juga langka. Makanya keliling  ke seluruh Indonesia, temui para pedagang, temui petani, temui rakyat, agar kita mengerti persoalan sebenarnya,” ujar Ganjar.

Dia menyampaikan, perlu dicari akar permasalahan yang menyebabkan pupuk langka, terutama pupuk bersubsidi. Selain pengurangan subsidi, ada kemungkinan penyalurannya tidak tepat sasaran.

“Mau pakai KTP atau kartu apapun, kalau subsidi pupuknya tidak ditambah, ya pasti tetap kurang,” ungkap Ganjar.

Itu sebabnya, hal pertama yang harus dibenahi adalah data petani, agar dapat diklasifikasi petani mana yang berhak mendapatkan pupuk subsidi, dan mana yang tidak.

“Saya buat Kartu Tani, tujuannya supaya kita bisa tahu bahwa petani mana yang berhak mendapat pupuk. Ini nanti kita kembangkan dalam KTP Sakti,” ujar Ganjar.

Dia menjelaskan, yang boleh menerima pupuk bersubsidi adalah petani, baik pemilik lahan maupun penggarap, dengan luas lahan maksimal 2 hektare (ha).

Kenyataannya, ada yang memiliki lahan lebih dari 2 ha tetapi membeli pupuk bersubsidi, sehingga pasokan untuk petani kecil menjadi berkurang.

“Soalnya petani yang lahannya di atas 2 hektare mungkin tetap membeli pupuk bersubsidi, atau ada yang nyelundup ke mana-mana,” kata Ganjar.

Dia menambahkan, persoalan pupuk bagi petani harus dibenahi karena berpengaruh pada harga beras di pasaran.

Selama persoalan yang menyebabkan produksi pertanian  berkurang tidak teratasi,  harga jual bahan pangan termasuk beras akan tetap tinggi.

“Kalau kita mau harga beras terjangkau,  petani  yang harus diperhatikan, pupuk bersubsidi untuk petani harus diperhatikan,” tutur Ganjar.

No Comments

    Leave a Reply