Ganjar Blusukan ke Pasar Kajen, Warga Mengeluh  Kenaikan Harga  Bahan Pokok

January 16, 2024

BRIEF.ID – Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo blusukan ke Pasar Kajen di Pekalongan, Jawa Tengah untuk bertemu pedagang dan masyarakat, sekaligus mengecek harga bahan pokok.

Ganjar mengaku persoalan  utama yang dikeluhkan masyarakat adalah  kenaikan harga bahan pokok,   seperti  cabai rawit,  tomat, dan gula.

“Kalau harga cenderung naik, harus cepat diintervensi. Terlebih, jika kenaikan harga sudah berlangsung selama enam bulan, maka Bulog harus melakukan operasi pasar secara massif,” kata Ganjar.

Ia mengatakan, biasanya Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan pemantauan harga bahan pokok di pasaran. Kemudian, mengintervensi  dengan mencari sumber bahan pokok dari daerah lain, dan melakukan operasi pasar.

Berdasarkan  pemantauan di lapangan, Capres yang diusung partai politik PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo, menyebut bahwa harga beras  stabil  di posisi  Rp11.000 per kilogram (kg), meski  warga mesti membeli per 5 kg.

“Operasi pasar Bulog memang dibutuhkan agar masyarakat mendapatkan kenyamanan dengan harga beras murah,” tukasnya.

Selain harga kebutuhan pokok yang tinggi, para pedagang juga menyampaikan kepada Ganjar agar Pasar Kajen tidak direlokasi.

Capres berambut putih ini pun menyarankan para pedagang  membicarakan rencana relokasi pasar dengan pemerintah daerah.

“Rencana seperti ini perlu dikomunikasikan dengan masyarakat atau pedagang, sehingga bisa memitigasi dari awal, membangun kesepakatan dari awal, agar bisa berjalan,” pungkasnya.  

No Comments

    Leave a Reply