Debat Pilpres 2024, Mahfud Jabarkan Makna Filosofis Hubungan Manusia dengan Tuhan, Antarsesama Manusia, dan Alam

January 21, 2024

BRIEF.ID – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD mengungkapkan,  ada tiga hal yang harus diperhatikan pada debat Keempat Pilpres 2024, yaitu Tuhan, Manusia, dan Alam.

Pada sesi pembuka Debat Cawapres, Mahfud menyatakan,  di Pulau Bali dikenal  Tri Hita Karana, yang merupakan filosofi Hindu. Hakikat ajaran Tri Hita Karana menekankan pada tiga hubungan manusia pada kehidupan di dunia ini.

Ketiga hubungan itu mencakup,  hubungan antarsesama manusia, hubungan manusia dengan alam sekitar, dan hubungan manusia dengan  Tuhan,  yang saling terkait satu sama lain.

“Setiap hubungan memiliki pedoman hidup untuk menghargai sesama aspek sekelilingnya,” kata Mahfud.

Sementara itu, filosofi Tri Tangtu pada tataran masyarakat Sunda di Jawa Barat,  berarti tiga ketentuan hidup yang berlaku. Berpedoman pada tiga hal yang pasti,  yakni Batara Tunggal yang terdiri atas Batara Keresa, Batara Kawasa, dan Batara Bima Karana.

“Dalam pandangan hidup orang Sunda, mereka tidak mengandalkan keyakinan hidupnya itu pada kekuatan diri sendiri, melainkan pada kuasa yang lebih besar, yaitu Penguasa Tertinggi, sumber, dan tujuan dari segalanya,” jelas Mahfud.

Menurut Mahfud, berdasarkan  kearifan lokal bangsa Indonesia, sejak masa lalu sudah terbiasa melakukan langkah-langkah konkret untuk melindungi  kelestarian lingkungan hidup.  

No Comments

    Leave a Reply