Debat Cawapres, Filda Yusgiantoro Berharap Semua Kandidat Sampaikan Solusi Implementasi Transisi Energi

January 21, 2024

BRIEF.ID – Ketua Umum Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) Filda Citra Yusgiantoro berharap,  para Calon Wakil Presiden (Cawapres) akan memberikan solusi terbaik  terkait implementasi  transisi energi pada aspek pendanaan, diversifikasi ekonomi lingkungan, dan pasar tenaga kerja di sektor energi.

Harapan itu disampaikan Filda menyusul Debat Cawapres yang akan diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, pada Minggu (21/1/2024) pukul 19.00 WIB.

Debat yang akan menampilkan Cawapres Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan Cawapres Nomor Urut 3 Mahfud MD, mengusung  tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

“Debat Cawapres harus menggaungkan tentang  tata kelola yang baik dalam merencanakan transisi energi  berkelanjutan sehingga masyarakat dapat  menjangkau ketersediaan, akses, dan harga energi yang murah,” kata Filda.

Ia mengatakan, para Cawapres diharapkan menyampaikan  strategi dan solusi kebijakan yang efektif terkait isu-isu di sektor energi, terutama dalam  mengatasi  tantangan dari berbagai aspek teknis, finansial, dan regulasi.

Disebutkan, target pemerintah  mempensiunkan 27 Pembangkit  Listrik Tenaga Uap (PLTU) batubara dengan total kapasitas 17.000 MW hingga tahun 2030, adalah  bagian dari transisi menuju nol emisi karbon (net zero emission/NZE), yang selama ini menjadi tantangan besar bagi Indonesia.

“Kami sangat berharap para kandidat secara eksplisit menyampaikan  strategi dan solusi pembiayaan transisi energi yang berkeadilan,” kata Filda.

No Comments

    Leave a Reply