Tahanan KPK Ikuti Ibadah Sekaligus Bertemu Keluarga di Hari Natal

December 26, 2023

BRIEF.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memfasilitasi kebaktian Natal bagi 24 orang tahanan lembaga antirasuah yang merayakan Natal 2023.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri  mengatakan, sebanyak 20 orang tahanan mengikuti kebaktian Natal di Rutan KPK dan 4 orang lainnya di Rutan Puspomal.

Ali mengatakan, ibadah Natal bertema “Only by His Grace” (Yohanes 3:16) dipimpin  Pendeta Djefri Kansil.

Selain itu, KPK juga telah menerima 95 orang pengunjung yang datang langsung ke Rutan dan para keluarga dan kerabat  untuk mengunjungi 31 orang tahanan KPK dari total 89 orang tahanan KPK yang ada saat ini.

Layanan kunjungan  tidak hanya bagi  mereka yang merayakan Natal, juga  dipersilakan bagi seluruh tahanan KPK lainnya.  Selain kunjungan secara langsung, sebanyak 15 orang tahanan juga menerima kunjungan dari para keluarga dan kerabatnya secara virtual.

Ali mengungkapkan fasilitasi ibadah dan kunjungan khusus ini sebagai wujud penghormatan kepada hak-hak dasar bagi setiap insan beragama, termasuk bagi tahanan KPK.

“Hal ini sekaligus selaras dengan azas-azas pelaksanaan tugas dan kewenangan KPK yang diatur dalam Pasal 5 UU Nomor 19 Tahun 2019, yaitu kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas, kepentingan umum, proporsionalitas, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia,” katanya.

No Comments

    Leave a Reply