Masyarakat Solo Respon Positif Program KTP Sakti dan Internet Gratis Ganjar-Mahfud

December 24, 2023

BRIEF.ID – Program KTP Sakti dan Internet Gratis yang diusung pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo- Mahfud MD, mendapat respon positif dari masyarakat Solo, Jawa Tengah.

Capres Ganjar Pranowo kembali turun ke bawah dan gencar melakukan sosialisasi program-program unggulan yang dirancang untuk kesejahteraan rakyat, di antaranya KTP Sakti dan Internet Gratis. Pada hari ini, Minggu (24/12/2023) Ganjar mengunjungi Pasar Klitikan Notoharjo, Solo, bertemu dan berdialog langsung dengan masyarakat.

Kepada wartawan, capres berambut putih itu menceritakan tentang apresiasi masyarakat atas program KTP Sakti yang digagasnya bersama partai pengusung.

“Ya, sebenernya masyarakat sudah mulai bertanya program. Saya senang, karena apa yang kita jelaskan berarti sampai ke masyarakat, tidak hanya bicara gimik, tapi orang mulai bertanya program, ‘Apa itu pak KTP Sakti atau kartu yang bisa mengintegrasikan seluruh data?,” papar Ganjar, sambil memamerkan alat pijat dan patung Garuda Pancasila yang baru saja dibelinya di Pasar Klitikan Notoharjo.

“Terus gimana maksudnya kalau saya dapet bantuan macam-macam itu apa bedanya dengan kartu itu?” tutur Ganjar menceritakan kembali pertanyaan-pertanyaan yang kerap ia dapatkan setiap bertemu dengan masyarakat.

Ganjar mengungkapkan bahwa ada beberapa aspek yang harus terus dijelaskan kepada masyarakat terkait KTP Sakti. Di antaranya; intregasi data, perbaikan data penduduk, kemudahan akses bantuan, ketertiban administratif, efisiensi pelayanan, dan, perlindungan privasi.

“Respon itu ternyata di mata masyarakat bagus. Satu, mereka sadar bahwa data musti diperbaiki. Dua, mudah cara penggunaannya. Maka, kita sampaikan,” ungkapnya.

Pada saat yang sama, relawan Ganjar-Mahfud juga membagikan kuota internet kepada masyarakat di sekitar pasar.

“Kita minta anak anak kita bisa belajar lebih baik, menggunakan teknologi yang lebih canggih, kalau kita mau mengejar ketertinggalan, internet kita mesti tersebar dan cepat. Kalau kemudian anak anak mendapat akses mudah dan kita gratiskan, maka itu bisa membantu mereka,” kata Ganjar.

“Itu bisa membantu mereka, sekolah gratis kita harapkan bisa akan membantu anak-anak kita, seperti juga public space sehingga orang bisa memanfaatkan itu dengan segala kreasi dan mengembangkan bakat. Jangan sampai disalahgunakan dan sebagainya.”

Grand design ekonomi Ganjar-Mahfud merupakan implementasi sila ke-5 Pancasila, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, dan merujuk pada UU 1945, Pasal 33 – 34 terkait hak rakyat dan kewajiban negara.

Menurut Ganjar program dan gagasan yang akan ia implementasikan ini senada dengan filosofi yang diusung partainya, yakni keberpihakan atas wong cilik.

Seperti diketahui, Ganjar-Mahfud telah meluncurkan 21 Program Sat Set untuk mewujudkan ‘Indonesia Sehat, Terampil dan Berdaya’. Realisasi program strategis tersebut dapat mendorong pertumbuhan ekonomi mencapai 7% dan membuka sekitar 17 juta lapangan pekerjaan.

Program strategis tersebut merupakan perwujudan pelaksanaan amanat konstitusi. Di mana pertumbuhan ekonomi 7% sebagai target utama paslon capres-cawapres nomor urut 3, merupakan upaya memajukan kesejahteraan umum.

“Tujuan kesejahteraan umum bagi bangsa Indonesia saat ini adalah keluar dari jebakan kelas menengah. Menjadi negara berpendapatan tinggi pada tahun 2045,” tutur Ganjar.

Adapun 21 Program Sat Set yang dirancang Ganjar-Mahfud terdiri dari 3 program Sehat, 5 program Terampil, dan 10 program Berdaya dan 3 program sebagai fondasi. Implementasi ke-21 program tersebut akan mewujudkan Indonesia Unggul pada 2045.

No Comments

    Leave a Reply