Forum Pemred Imbau Presiden Jokowi Bijak Tangani Dinamika Politik  Menjelang Pemilu 2024

November 14, 2023

BRIEF.ID –  Forum Pemimpin Redaksi Indonesia (Forum Pemred) mengimbau Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersikap bijak dalam menangani  roda pemerintahan, khususnya terkait berbagai dinamika politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Forum Pemred yang beranggotakan para  pemimpin redaksi media arus utama di Indonesia,  menilai bahwa saat ini, makin banyak  pihak yang tidak berani bersuara, sebab bagi yang bersuara negatif dan mengritik, dianggap sebagai lawan dan berseberangan.

“Pemilu 2024 merupakan bagian penting dari proses demokrasi bangsa Indonesia sesuai  cita-cita proklamasi, Undang-Undang Dasar 1945, dan amanat reformasi 1998. Karena itu, proses pemilu harus berjalan secara demokratis, transparan, dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN),” demikian seruan Forum Pemred yang diterima di Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Disebutkan, Pemilu 2024  merupakan momentum besar untuk mewujudkan negara maju dan kesejahteraan serta kemakmuran bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Semakin mendekati pelaksanaan Pemilu 2024, Forum Pemred melihat banyak hal yang mengejutkan publik, terutama dalam penegakan hukum oleh lembaga penegak hukum – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan Agung, Polri, dan Mahkamah Konstitusi/MK) serta dalam menjalankan etika-etika demokrasi, terutama yang dilakukan Presiden, para menteri, dan juga para ketua umum partai politik.

Dalam pandangan Forum Pemred, kondisi ini berpotensi menimbulkan goncangan dan ketidakstabilan politik dan keamanan serta perekonomian nasional.

“Karena itu, mencermati dan mewaspadai situasi politik dan situasi negara ini, pada hari Kamis, tanggal 9 November 2023 para anggota Forum Pemred – yang beranggotakan para pendiri dan para pemimpin redaksi media arus utama – telah berkumpul dan menyamakan persepsi. Dalam pertemuan selama 2,5 jam itu, Forum Pemred menyimpulkan bahwa saat ini Indonesia sedang tidak baikbaik saja,” demikian seruan Forum Pemred.

No Comments

    Leave a Reply