ASEAN, Kawasan Kaya Energi Terbarukan   

November 24, 2023

BRIEF.ID – Ketua Umum Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) Filda Citra Yusgiantoro mengajak negara-negara di Asia Tenggara untuk memanfaatkan secara bijak kekayaan energi terbarukan yang dimiliki. Selama ini, ASEAN  dikenal  sebagai salah satu wilayah kaya energi terbarukan, yang memiliki potensi cadangan matahari, angin, laut, dan bioenergi dalam jumlah besar.

“Kita harus bijak memanfaatkan kekayaan yang dimiliki. ASEAN memiliki kapasitas   energi panas bumi, terutama di Indonesia, Vietnam, dan Filipina,” kata Filda saat menjadi pembicara pada “The 2023 Asian Development Bank’s (ADB) Gender Forum” di Manila, Filipina,  21 November 2023.

Ia mengatakan, selain  potensi besar  tenaga air telah menjadikan Indonesia dan Myanmar sebagai pesaing. Demikian juga  potensi bioenergi di Indonesia dan Thailand.

“Potensi yang ada, tentu saja dapat digunakan untuk membangun pembangkit listrik, mempercepat transisi energi,  dan  keamanan energi,” ujar Filda.

Penyelenggaraan The 2023 Asian Development Bank’s (ADB) Gender Forum yang berlangsung 21-22 November 2023, bertujuan untuk  memberikan informasi, mempengaruhi, dan menginspirasi tindakan terkait kesetaraan gender serta perubahan iklim di antara para pemangku kepentingan di Asia dan Pasifik.

Forum ini memberikan kesempatan  berinteraksi  para pembuat kebijakan, ekonom, pejabat pemerintah, praktisi pembangunan, pakar kesetaraan gender,  perubahan iklim, dan pimpinan Bank Pembangunan Asia  untuk membahas perkembangan terbaru isu gender dalam perumusan kebijakan, pelaksanaan proyek, dan penelitian.

No Comments

    Leave a Reply