Arsjad Rasjid Tegaskan Hasil Survei Menjadi Bahan Evaluasi TPN Ganjar-Mahfud

November 16, 2023

BRIEF.ID –  Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid menyatakan akan menjadikan bahan evaluasi  tingkat elektabilitas  pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD, yang dikeluarkan lembaga survei.

Sejumlah lembaga survei menyatakan bahwa elektabilitas pasangan calon presiden-wakil presiden  Ganjar-Mahfud MD  lebih rendah dibandingkan  pasangan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

“Evaluasi selalu dilakukan. Akan tetapi, kami juga melakukan yang namanya internal survei, yang tidak dipublikasikan,” kata Arsjad  di Kantor TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Ia mengatakan,  internal survei  yang tidak dipublikasikan,  dijadikan sebagai bahan pembanding survei-survei eksternal.  TPN Ganjar-Mahfud perlu mengetahui metode serta pertanyaan di dalam setiap survei eksternal, yang menunjukkan elektabilitas Ganjar-Mahfud lebih rendah daripada pasangan Prabowo-Gibran.

Satu Putaran

Hasil survei  juga dapat dijadikan arahan untuk perbaiki elektabilitas pasangan calon presiden/wakil presiden nomor 3 itu.

“Kami harus bertanya juga bagaimana metode dari survei itu? Apa pertanyaannya?” katanya.

Sebelumnya survei Polmatrix Indonesia menyatakan,  pasangan Prabowo-Gibran berpotensi menang satu putaran dengan elektabilitas mencapai 48,4%, Prabowo – Gibran 26,6%, dan Anies-Muhaimin 17,3%.

Survei Indikator Politik Indonesia juga menunjukkan bahwa dalam simulasi tiga pasangan, elektabilitas Prabowo-Gibran unggul dengan persentase 39,7%, Ganjar-Mahfud  30%, dan Anies-Muhaimin 24,4%.

Hasil survei Indo Barometer juga menyebut Prabowo-Gibran berpotensi memenangi Pilpres 2024 dalam satu putaran dengan elektabilitas mencapai 34,2%, disusul elektabilitas Ganjar-Mahfud 26,2%, dan Anies-Muhaimin 18,3%.

No Comments

    Leave a Reply