Wamen Rosan Apresiasi Capaian Bisnis Pertamina

October 22, 2023

BRIEF.ID – Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rosan Perkasa Roeslani mengapresiasi pencapaian pertumbuhan bisnis PT Pertamina (Persero) beserta subholding dan AP, yang mengedepankan Good Corporate Governance (GCG) dan Risk Management.

Hal itu diungkapkan Rosan saat menghadiri pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) PT Pertamina (Persero) beserta Subholding dan anak perusahaan  Tahun 2024 di Jakarta, belum lama ini. Hadir pada kesempatan itu,  antara lain Basuki Tjahaja Purnama  sebagai Komisaris Utama.

“Sebagai Wakil Komisaris Utama Pertamina, saya hadir dalam rangka memberikan masukan, saran, dan pengawasan agar tercipta pertumbuhan bisnis yang sustainable dengan mengedepankan Good Corporate Governance  dan Risk Management,” kata Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (22/10/2023).

Selain itu, Rosan  juga mengapresiasi torehan prestasi PT Pertamina (Persero) yang menduduki peringkat 141 dalam daftar Fortune Global 500 tahun 2023, beserta keberhasilan Pertamina membukukan laba bersih tertinggi sepanjang berdirinya perseroan sebesar US$ 3,81 miliar atau Rp 56,6 triliun.

Pada tahun 2023, Pertamina tercatat sebagai satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk Fortune Global 500. Selain itu, peringkat Pertamina juga naik, dari peringkat 223 pada tahun 2022 menjadi 141 pada tahun 2023.

Capaian itu menempatkan Pertamina melampaui posisi  beberapa perusahaan migas dunia, seperti Conoco Phillips (149), Repsol (178), Shaanxi Yanchang Petroleum Group (269), dan perusahaan migas raksasa Cenovus Energy asal Kanada (277).

Di sisi lain, Pertamina meraih penghargaan sebagai  BUMN Kontributor Pembangunan Berkelanjutan”  dari Detik.Com Awards 2023  karena berkomitmen  mengurangi emisi karbon hingga 27,08%.

“Pertamina  memiliki Program Environmental, Social, & Governance (ESG) yang sebagian besar arahnya adalah untuk dekarbonisasi energi,” jelas dia.

Pada bagian lain, ia menyebutkan kesuksesan  Pertamina   mendukung event sport tourism kelas dunia dengan menjadi salah satu sponsor  kegiatan MotoGP 2023  di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB),  belum lama ini.

“Semoga ke depan Pertamina dapat terus beradaptasi dan berinovasi, menjadi perusahaan global yang berpengaruh dalam industri energi dunia, dan berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Rosan.

No Comments

    Leave a Reply