Muhadjir Effendy: Transformasi Kesehatan Optimalkan Manfaat Bonus Demografi

October 6, 2023

BRIEF.ID – Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, transformasi kesehatan diperlukan untuk mengoptimalkan manfaat dari bonus demografi sehingga Indonesia bisa menjadi negara maju pada 2045.

“Transformasi kesehatan untuk menyiapkan agar momentum bonus demografi ini betul-betul dimanfaatkan atau dioptimalkan capaiannya nanti, dan salah satu sisi yang paling penting di samping sektor-sektor yang lain itu adalah sektor kesehatan,” kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (6/10/2023).

Muhadjir mengatakan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin sudah mengajukan usulan untuk mengoptimalkan program-program transformasi kesehatan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Beberapa poin penting usulan itu, kata Muhadjir, antara lain, penekanan pada sisi pencegahan sebelum pengobatan. Selain itu, pemerataan akses kesehatan bagi seluruh masyarakat.

“Jadi harus terjadi pelayanan kita, harus betul-betul merata bisa diakses oleh seluruh warga sesuai dengan program kita universal healthcare ya, kesehatan untuk melayani semua itu,” kata dia.

Menkes, lanjut Muhadjir, juga telah menyusun transformasi kesehatan secara jangka panjang, yang di antaranya, adalah pencegahan atau penurunan fatalitas penyakit-penyakit tertentu seperti kanker, jantung, stroke dan lainnya.

No Comments

    Leave a Reply