Mendag Ajak Pelaku UMKM Rambah Platform Digital

October 13, 2023

BRIEF.ID – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengajak para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)  merambah  platfom digital untuk meningkatkan daya saing.

Ajakan itu disampaikan Mendag saat mengunjungi Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Jumat (13/10/2023).

“Kementerian Perdagangan akan terus melatih para pedagang pasar dan UMKM serta mempertemukan dengan platform digital,” kata dia.

Ia mengatakan, platform digital juga akan memberikan pelatihan, misalnya cara pengemasan dan sebagainya. Di sisi lain,  di platform digital pedagang juga akan mendapat banyak pelanggan, sehingga keduanya saling menguntungkan satu sama lainnya.

Mendag mengatakan, Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 mulai menunjukkan dampak positif, di antaranya perdagangan daring dan luring mulai berkembang dengan selaras. Pasar Tanah Abang mulai ramai pembeli dan ini membuat pedagang kembali tersenyum.

Ia juga mengapresiasi lokapasar (marketplace) yang tidak lagi mengimpor produk di luar kawasan pabean (post border) sehingga menjadi peluang bagi pelaku industri dan UMKM lokal untuk memanfaatkan platform digital.

Mendag mengajak pelaku UMKM untuk masuk dalam platform digital agar dapat bersaing. Kemendag terus melatih para pedagang pasar dan UMKM serta mempertemukan dengan platform digital. Platform digital juga akan memberikan pelatihan, misalnya cara pengemasan. Di sisi lain, platform digital akan mendapat banyak pelanggan, sehingga keduanya saling menguntungkan.

No Comments

    Leave a Reply