Presiden Jokowi:Papua Nugini Dukung Kedaulatan Indonesia

September 7, 2023

BRIEF.ID – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi dukungan Papua Nugini bagi kedaulatan dan integritas Indonesia. Dukungan Papua Nunigi disampaikan  pada saat KTT Melanesian Spearhead Group (MSG)  di Port Vila, Vanuatu, 23-24 Agustus 2023.

“Saya sangat hargai dukungan Papua Nugini terhadap kedaulatan dan integritas Indonesia, termasuk yang ditunjukkan pada KTT MSG bulan lalu,” ujar Presiden Jokowi pada  pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini (PNG) James Marape di sela penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di  Jakarta Convention Center (JCC),  Kamis (7/9/2023).

Presiden Jokowi  menyambut baik bergeliatnya kembali aktivitas perekonomian di perbatasan Indonesia-PNG seiring dibukanya perbatasan Skouw-Wutung, serta peluncuran penerbangan langsung Port Moresby-Denpasar.

Sementara itu, PM Marape dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas kesuksesan Indonesia dalam keketuaan dan penyelenggaraan KTT ASEAN. PM Marape juga menyatakan dukungannya terhadap Indonesia sebagai tetangga dekat PNG.

“Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada Anda atas keberhasilan pertemuan ASEAN yang Anda selenggarakan. Di belakang APEC dan di belakang G20, sekarang ASEAN, Papua Nugini mendukung Anda. Sangat bangga dengan tetangga terdekat kita,” ujar PM Marape.

Hadir dalam pertemuan itu, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Kemaritiman dan Investasi  Luhut Binsar Pandjaitan, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

No Comments

    Leave a Reply