Pemerintah Bentuk Badan Integrasi Moda Transportasi Publik Jabodebek

September 27, 2023

BRIEF.ID-Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan untuk membentuk badan integrasi moda transportasi publik di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek).

Selain memberikan subsidi bagi penggunaan moda transportasi publik, pemerintah juga akan menyediakan tiket yang dapat digunakan secara terintegrasi.

“Bapak Presiden meminta kami untuk mengintegrasikan moda transportasi publik di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Jadi, tidak terpecah-pecah ada BUMN, ada Pemda, dan ada Pusat. Dalam hal ini, bagaimana sistem angkutan terintegrasi ini dibuat dalam satu organisasi,” kata Luhut usai rapat terbatas Kabinet di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Rapat yang dipimpin Presiden Jokowi dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, dan Pj Gubernur Banten Al Muktabar.

Presiden Jokowi, kata Luhut, telah memerintahkan agar dalam sebulan ini menyusun struktur organisasi dan mekanisme pembelian karcis terusan.

“Nanti akan ada karcis bulanan untuk satu angkutan. Misalnya dari Bogor, kemudian naik LRT terus nanti mungkin bus TransJakarta dan seterusnya. Atau dari Bandung naik, kereta cepat ke Jakarta langsung LRT, dan kemudian bus,” jelas Luhut.

Luhut mengatakan, mekanisme baru itu sebagai bentuk komitmen pemerintah mengurangi penggunaan kendaraan pribadi melalui pengoperasian moda angkutan publik yang nyaman dengan harga memadai

“Nah, ini saya kira dalam satu bulan Presiden memberikan perintah untuk kita menyiapkan bentuk organisasinya dan kira-kira bagaimana nanti subsidinya,”ujarnya.

No Comments

    Leave a Reply