Pameran Kerajinan Nusantara 2023 Kembangkan Kapasitas Pelaku Usaha

September 14, 2023

BRIEF.ID – Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi)  membuka penyelenggaraan Kriyanusa Pameran Kerajinan Nusantara Tahun 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Pameran  tahunan yang diselenggarakan  Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas),  mempromosikan produk-produk kriya dari seluruh daerah di Indonesia.

Bismillahirahmanirrahim,  pada pagi hari ini secara resmi saya buka Kriyanusa Pameran Kerajinan Nusantara Tahun 2023,” kata Ibu Negara.

Pada pameran tersebut, Ibu Iriana beserta Ketua Umum Dekranas Ibu Wury Ma’ruf Amin juga secara langsung menyerahkan penghargaan kepada pemenang Dekranas Awards.

Sementara itu, Ketua Panitia Pameran Kriyanusa 2023, Ibu Sri Suparni Bahlil menyampaikan bahwa pameran yang diselenggarakan pada   13-17 September 2023, merupakan salah satu upaya Dekranas dalam pengembangan kapasitas pelaku usaha kriya.

“Kegiatan pameran ini merupakan salah satu wujud nyata Dekranas dalam upaya pengembangan kapasitas pelaku usaha kriya yang bertujuan untuk lokal mendorong penciptaan dan pengembangan produk-produk kriya lokal sekaligus melestarikan citra budaya seluruh daerah di Indonesia,” tuturnya.

Ibu Sri menuturkan, pameran Kriyanusa menghadirkan sebanyak 307 stan pameran yang berasal dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi, Kabupaten/Kota, Kementerian, dan Kembaga. Ibu Sri mengatakan, pameran tersebut melibatkan persaingan nasional untuk mengembangkan dan menampilkan produk unggulan khas Indonesia.

“Utamanya dapat membuka pandangan para pelaku usaha terhadap perkembangan desain terkini yang sesuai dengan selera pasar,” ucap Ibu Sri.

Pada kesempatan itu, Ibu Negara dan para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) menyaksikan pertunjukan hiburan dari Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, tarian lenggang pesona Jakarta, persembahan lagu, dan peragaan busana bertemakan Indonesia.

Setelah itu, Ibu Negara beserta  para anggota OASE KIM melakukan sesi foto bersama yang dilanjutkan  kunjungan ke  sejumlah stan pameran Kriyanusa yang menghadirkan produk-produk kriya lokal.

No Comments

    Leave a Reply