Keketuaan Indonesia Perkenalkan Prinsip 5P Bagi Pertumbuhan Ekonomi ASEAN

September 3, 2023

BRIEF.ID – Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) menegaskan, ASEAN-BAC di bawah kepemimpinan Indonesia berhasil memperkenalkan pentingnya memasukkan nilai-nilai ke dalam pertumbuhan ekonomi, yang dirangkum menjadi prinsip 5P.

Prinsip 5P terdiri atas People (Manusia), Planet (Planet), Prosperity (Kemakmuran), Peace (Perdamaian), dan Partnership (Kemitraan).

“Manusia, Planet, Kemakmuran, Perdamaian,  dan Kemitraan menjadi  kerangka pembangunan  inklusif. Saat kita berada di ambang penyelenggaraan ASEAN Business & Investment Summit 2023,  saya dipenuhi optimisme dan antusiasme,” kata Arsjad saat berpidato pada ASEAN Business & Investment Summit (ABIS) 2023 di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (3/9/2023).

Arsjad mengungkapkan, optimisme dan antusiasme itu mengacu pada  diskusi yang dinamis, pertukaran wawasan, dan kolaborasi inovatif yang akan terjadi selama  dua hari pertemuan bergengsi itu. 

Ia memaparkan, ASEAN-BAC telah mengumpulkan para pemikir terkemuka dalam bisnis dan politik di  Asia Tenggara dan sekitarnya, dengan satu tujuan yang sama yaitu  membentuk jalan menuju pembangunan berkelanjutan di ASEAN yang tidak meninggalkan siapa pun.

Arsjad  juga menyambut beberapa pemimpin negara yang akan hadir dalam KTT ASEAN untuk memberikan wawasan mereka mengenai masa depan ASEAN, sekaligus menjadi bukti kekuatan persatuan, kerja sama, dan visi strategis Asia Tenggara.

“Bersama-sama, kita akan menghadapi tantangan, mengkapitalisasi berbagai peluang, dan menciptakan warisan yang akan membentuk lanskap ekonomi ASEAN untuk generasi mendatang. Saya mengundang anda untuk berpartisipasi secara aktif, terlibat sepenuh hati, dan memanfaatkan pertemuan ini secara maksimal,” tutur Arsjad.

No Comments

    Leave a Reply