Presiden Jokowi:Utamakan Keamanan dan Keselamatan LRT

August 3, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, keamanan dan keselamatan menjadi faktor yang harus diutamakan dalam pengoperasian moda Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek).

Presiden Jokowi menyampaikan hal itu saat memberikan  keterangan pers usai uji coba LRT  Jabodebek dari Stasiun Harjamukti menuju Stasiun Dukuh Atas, Kamis (3/8/2023).

“Memang, kita mau melihat kesiapan sistem, urusan keamanan, urusan keselamatan, harus dilihat betul. Jadi tidak usah tergesa-gesa untuk segera dioperasikan, tetapi semuanya yang berkaitan dengan sistem, yang berkaitan dengan keamanan, yang berkaitan dengan keselamatan itu harus diutamakan,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan,  pembangunan moda transportasi LRT  adalah  yang pertama  di Indonesia sehingga  wajar jika masih ada kekurangan dalam proses pengerjaan maupun pengoperasian.

“Kalau ada kekurangan, masih ada yang perlu dikoreksi, masih ada yang perlu dievaluasi saya kira wajar. Jangan mengharapkan ini nanti operasi semuanya sempurna. Enggak, pasti ada perbaikan-perbaikan sistem, perbaikan-perbaikan teknis untuk yang lain-lainnya. Ini adalah produksi INKA, konstruksinya juga dikerjakan oleh kita sendiri, semuanya oleh kita sendiri. Jadi kalau ada kurang-kurang ya harus kita maklumi tetapi kita perbaiki,” kata Presiden Jokowi.

LRT Jabodebek nantinya akan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya seperti Moda Raya Terpadu (MRT), TransJakarta, kereta bandara, hingga Kereta Rel Listrik (KRL). Menurut Presiden, Stasiun Dukuh Atas akan menjadi titik sentral pertemuan moda-moda transportasi tersebut.

“Nanti ini di Dukuh Atas ini pertemuan semuanya. Di Dukuh Atas ini pertemuan MRT, pertemuan KRL, pertemuan kereta bandara, dan pertemuan LRT ada di sini, Transjakarta, semuanya, sehingga ini akan menjadi sebuah titik sentral bagi semua moda transportasi yang ada di Jakarta,” kata Presiden Jokowi.

Ia berharap LRT  bisa dibangun terus hingga menjangkau ke kota-kota penyangga Jakarta seperti Bogor, Bekasi, Depok, hingga Tangerang sehingga  kehadirannya dapat mengurangi kemacetan di Jakarta.

“Kita berharap apabila nanti sudah dioperasikan ini betul-betul bisa mengurangi kemacetan yang ada di Jakarta,” ujarnya.

No Comments

    Leave a Reply