Presiden Jokowi Bertolak ke Nairobi

August 20, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi rombongan terbatas bertolak menuju Nairobi,  Kenya untuk mengawali  rangkaian kunjungan kenegaraan ke sejumlah negara di kawasan Afrika.

Selain Kenya,  Kepala Negara akan berkunjung ke Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan untuk memperkokoh solidaritas di antara negara-negara selatan global.

“Spirit  Bandung inilah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke Afrika dengan meperkokoh solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara the global south,” kata Kepala Negara saat memberikan  keterangan pers di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara,  Minggu (20/8/2023).

Menurut Kepala Negara,  Indonesia dan negara-negara Afrika memiliki hubungan sejarah  panjang,  yang terlihat pada sejumlah momentum besar dalam sejarah.

“Indonesia adalah penggagas dan tuan rumah Konferensi Asia-Afrika di tahun 1955. Indonesia juga berperan penting dalam melahirkan Gerakan Non-Blok saat itu,” jelasnya.

Negara Pertama

Kenya menjadi  negara pertama yang akan dikunjungi. Rencananya, di negara itu,  Presiden Jokowi akan bertemu  Presiden Republik Kenya William Ruto untuk memperkuat hubungan bilateral antar kedua negara.

Dari Republik Kenya, Presiden Jokowi akan melanjutkan kunjungannya ke Republik Persatuan Tanzania untuk bertemu  Presiden Republik Persatuan Tanzania Samia Suluhu Hassan serta melaksanakan pertemuan bisnis bersama  sejumlah pemimpin perusahaan di negara itu.

Selanjutnya, Presiden Jokowi akan berkunjung ke Republik Mozambik. Di sana, Presiden akan menggelar pertemuan bilateral bersama Presiden Republik Mozambik Filipe Nyusi.

Kunjungan Kepala Negara di kawasan Afrika nantinya akan diakhiri dengan mengunjungi Afrika Selatan untuk memenuhi undangan  menghadiri KTT BRICS 2023. Presiden  Jokowi diagendakan akan kembali ke Indonesia pada tanggal 25 Agustus 2023.

“Untuk Afrika Selatan, Indonesia diundang dalam KTT BRICS, dan tentunya di sela-sela KTT BRICS akan dilakukan berbagai pertemuan bilateral dengan kepala-kepala negara yang lainnya,” tandas Presiden.

Mendampingi Presiden Jokowi,   di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

No Comments

    Leave a Reply