Pemerintah Perketat Uji Emisi Kendaraan Bermotor

August 15, 2023

BRIEF.ID –  Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi  mengatakan akan  memperketat pelaksanaan uji emisi dan menerapkan  kebijakan terkait  utilitas kendaraan bermotor.

Disebutkan, dalam rangka memperbaiki kualitas udara  yang tidak sehat di Jabodetabek, Pemerintah juga mempertimbangkan untuk menerapkan  kebijakan empat penumpang dalam satu mobil atau four in one.

“Jadi, mereka yang berasal dari Bekasi,  Tangerang, dan Depok,  bersama-sama ke kantor bergantian mobilnya sehingga jumlahnya akan menurun,” kata Menhub usai menghadiri rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Jakarta,  Senin (14/8/2023).

Ia mengatakan akan meminta PT PLN (Persero) untuk memperbanyak ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan  mendorong peningkatan penggunaan kendaraan listrik (electric vehicle).

“Pak Gubernur DKI Jakarta sudah melakukan, kami sudah melakukan, saya harapkan tidak saja instansi pemerintah tetapi swasta yang berdomisili di Jabodetabek mulai menggunakan EV, dari motor, dari mobil bersamaan dengan yang lain,” kata Menhub.

No Comments

    Leave a Reply