Bamsoet: Perdamaian Dunia Masih Menggantung di Awang-awang

August 16, 2023

BRIEF.ID –  Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, perdamaian dunia masih menjadi konsep yang menggantung di awang-awang seiring  ketegangan akibat perang Rusia-Ukraina, yang hingga hari ini belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir.

“Keberpihakan entitas global kepada masing-masing pihak dengan berbagai latar belakangnya, tidak menafikkan fakta bahwa perang, apapun alasannya, hanya akan menyisakan trauma dan bekas luka,” kata Bamsoet saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI Tahun  2023 di Gedung Nusantara   Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Hadir pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ibu Wury Ma’ruf Amin Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wapres ke-6 RI Try Soetrisno, Wapres ke-9 RI Hamzah Haz, Wapres RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua DPD La Nyala Mahmud Mattalitti.

Ia mengatakan, krisis Ukraina telah menunjukkan secara gamblang kepada dunia, bagaimana cara pandang para pemimpin dunia di tengah peta kekuatan global yang multipolar, yang seringkali mementingkan motif politik dan ekonomi, dibandingkan prinsip-prinsip kemanusiaan universal.

Di tengah situasi ini, lanjutnya, pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden  Joko Widodo (Jokowi) telah berulang kali berupaya memberikan solusi perdamaian permanen, dengan mendorong gencatan senjata dan diplomasi di meja perundingan. Namun inisiatif ini agaknya masih membutuhkan waktu untuk diterima para pihak yang berkonflik.

“Situasi perang Rusia-Ukraina mengisyaratkan, bahwa pertahanan dan keamanan negara haruslah dimaknai sebagai sebuah konsep yang holistik dan multidimensional,” jelas dia.

No Comments

    Leave a Reply