Presiden Jokowi Pastikan IUPK PT Vale Indonesia Tbk Rampung, Bulan Ini

July 3, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi)  memastikan  bahwa pada bulan Juli 2023 akan diputuskan mengenai  perpanjangan Kontrak Karya menjadi  Izin  Usaha Pertambangan Khusus (IUPK)  PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

“Iya  segera akan kita putuskan. Insya Allah,  bulan ini akan kita putuskan,” kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Senin (3/7/2023).

Presiden Jokowi menegaskan, intinya adalah kepentingan nasional yang harus didahulukan tanpa merugikan investor.

Win-win solution. Dua-duanya harus jalan dengan baik, dan yang paling penting industrialisasi, hilirisasi betul-betul harus berjalan,” kata Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Menteri ESDM Arifin Tasrif menyatakan,  PT Vale Indonesia Tbk bersedia divestasi saham 11% kepada Pemerintah Indonesia,  sehingga  nantinya  komposisi kepemilikan saham pemerintah di PT Vale Indonesia Tbk menjadi 51% .

Pelepasan saham yang dilakukan PT Vale Indonesia Tbk  sebagai syarat perpanjangan Kontrak Karya menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). Arifin mengatakan PT Vale Indonesia bersikeras memegang kendali operasional dan konsolidasi finansial perusahaan.

No Comments

    Leave a Reply