Yuk Intip,  Kebiasaan Harian Orang Kaya

June 5, 2023

BRIEF.ID – Pernahkah kita bertanya-tanya tentang kebiasaan keseharian apa yang membedakan orang-orang kaya dengan kebanyakan orang lain?

Tindakan apa yang mereka lakukan setiap hari yang membuat mereka hidup dalam kekayaan dan kemakmuran? Menggali lebih dalam tentang rutinitas mereka mungkin bisa memberikan gambaran tentang kunci kesuksesan finansial.

Yuk kenali beberapa kebiasaan orang kaya yang berpotensi membawa perubahan luar biasa dalam hidup kita.

Sebuah penelitian yang dilakukan  perencana keuangan Tom Corley menemukan, orang-orang kaya memiliki benang merah soal kehidupan kesehariannya, yang terkait dengan besarnya kekayaan.

Corley menerbitkan hasil penelitiannya ini dalam buku bertajuk Rich Habits. Berikut ini adalah tujuh temuan utama dari hasil penelitiannya.

Cenderung Bangun Lebih Awal

Setelah meneliti 350 orang kaya dan tidak terlalu kaya, Corley menemukan bahwa orang yang ‘lebih kaya’ bangun lebih awal setiap hari.

“Saya bangun jam 4-5 pagi, dan saya menulis selama 1-2 jam,” kata Corley. Hampir semua orang kaya dalam penelitian ini terbiasa memulai hari mereka ketika sebagian besar orang lain masih terlelap di tempat tidur.

Menjadikan hubungan Sebagai Prioritas

Bagi orang kaya, hubungan seperti emas, jadi mereka mengelola hubungan mereka dengan sangat hati-hati,” kata Corley. Di kalangan orang kaya, hubungan bukan hanya sekadar koneksi sosial, tetapi juga jalur menuju peluang.

Orang kaya memprioritaskan membangun hubungan yang solid dan sehat karena mereka memahami potensi ikatan ini untuk pertumbuhan pribadi dan profesional.

Jadikanlah hal ini sebagai titik untuk membina hubungan, tidak hanya untuk peluang bisnis potensial tetapi juga untuk memperkaya kehidupan pribadi.

Cenderung Bekerja  

Pekerja kaya sering melewatkan makan siang dan makan di meja kerja mereka. “Satu-satunya alasan untuk makan siang yang lama adalah jika kita sedang membangun jaringan,” ungkap Corley.

Orang kaya menganggap istirahat makan siang sebagai kesempatan untuk melanjutkan pekerjaan, sering kali mengadakan rapat atau bertukar pikiran.  Mereka melihat ini sebagai kesempatan untuk maju, menjadi produktif, dan memanfaatkan waktu mereka.

Meskipun keseimbangan sangat penting, sesekali memanfaatkan waktu istirahat makan siang untuk pekerjaan yang berarti dapat membuat kita berbeda. Bekerja di meja kerja mereka adalah sifat umum bagi orang-orang yang berprestasi.

Mengelola Kesehatan

Hal lain dari kebiasaan orang kaya adalah menghitung kalori. Mereka jauh lebih sadar untuk menjaga kesehatan. Kesehatan adalah kekayaan, dan sebagian besar orang kaya hidup dengan moto ini.

Olahraga teratur dan diet seimbang sering kali menjadi bagian  dari rutinitas harian mereka. Hal ini membuat mereka tetap bugar secara fisik dan memastikan mental mereka tetap tajam untuk menghadapi jadwal yang padat.

Gabungkan olahraga dan diet bergizi ke dalam rutinitas harian mampu  meningkatkan kesehatan fisik dan kecakapan mental. Dua hal ini merupakan aset yang tak ternilai dalam perjalanan kita menuju kekayaan.

Fokus Pada Tujuan Bisnis

Perbedaan lainnya adalah dalam hal penggunaan Internet.  Orang kaya tidak menghabiskan waktu ekstra untuk berselancar di dunia maya. Mereka memastikan waktu yang dihabiskan adalah untuk mencapai tujuan.  

Orang kaya tidak menghabiskan banyak waktu di media sosial untuk berbagi secara pribadi. Mereka menggunakan internet sebagai platform bisnis.

Orang kaya tetap terpaku pada tujuan bisnis di dunia yang penuh dengan gangguan. Meskipun hiburan memiliki tempatnya sendiri, namun hal itu tidak pernah membayangi  sebagai tujuan utama.

Bagi orang kaya, mengejar kesuksesan lebih diutamakan. Jika kita bercita-cita mengumpulkan kekayaan, cobalah untuk mengembangkan fokus yang sama pada tujuan kita. Meskipun waktu luang sangat penting, pastikan hal itu tidak mengalahkan ambisi kita.

Membuat Daftar Tugas

Kebiasaan orang kaya lainnya adalah membuat daftar  tugas  harian dan mencentang setidaknya 70% dari apa yang ada di dalamnya setiap hari.

Daftar tugas adalah senjata rahasia para jutawan, yang  berfungsi sebagai penentu arah pada setiap hari. Dengan menyusun daftar tugas harian secara cermat, mereka memastikan tidak ada hal penting yang terlewatkan.

Kita juga bisa meningkatkan tingkat produktivitas dengan menuliskan rencana-rencana dalam sebuah daftar. Praktik langsung ini dapat membuat kita tetap fokus, bertanggung jawab, dan terarah untuk mencapai tujuan.

Daftar tugas adalah struktur dan sistem yang baik untuk menghindari pemborosan waktu yang berharga dan tetap mengerjakan tugas yang paling penting. Menghabiskan waktu di atas kertas sebelum hari dimulai akan membuat orang lain lebih sulit membuang-buang waktu.

Fokus Pada Kehidupan Sendiri

Orang kaya  jarang mengobrol di tempat kerja. Hanya sekitar 6% dari mereka yang bergosip, dibandingkan dengan 60% di ujung lain dari spektrum sosial-ekonomi ini.

Orang kaya jarang menyia-nyiakan waktu  untuk bergosip. Mereka lebih berkonsentrasi pada kehidupan, aspirasi, dan pertumbuhan pribadi.

Orang kaya tak tertarik memanjakan diri dengan obrolan yang tidak produktif tentang orang lain. Hal ini membantu mereka mempertahankan pola pikir positif dan tetap fokus pada tujuan. Tirulah sifat ini dengan menginvestasikan waktu secara sadar untuk mengembangkan diri dan menetapkan tujuan, bukan untuk bergosip. (kompas.com)

No Comments

    Leave a Reply